Menulis Artikel Blog Standar SEO (SEO Friendly)

    Social Items

Menulis artikel blog standar SEO memang dirasa sulit oleh sebagian blogger terutama mereka yang belum memahami standar SEO. Dalam menulis artikel untuk blog, ada kaidah-kaidah yang perlu Anda perhatikan yang disebut dengan SEO Friendly atau Ramah SEO.

Dalam satu kesempatan ada seorang teman sesama blogger yang meminta saran kepada saya, "Bagaimana cara menulis yang bagus untuk blog?"

Dia juga meminta saya untuk memberikan penilaian atas artikel-artikelnya.

Menulis Artikel Blog Standar SEO

cara menulis artikel seo

Saya bukan lah SEO Expert atau praktisi SEO handal, saya hanya sedikit memahami apa itu SEO dan bagaimana menulis yang baik dan juga saya masih dalam tahap belajar SEO.

Ingat!! Sedikit saja, tidak banyak. Di luar sana banyak mastah yang ahli.

Ada banyak pendapat tentang artikel SEO, di satu sisi artikel SEO adalah artikel yang dibuat untuk manusia.

Sementara itu, satu pendapat mengatakan lupakan SEO fokus lah menulis karena algoritma google lebih menyukai artikel yang disukai manusia juga.

Kedua pendapat diatas semuanya benar, dan simak penjelasannya dalam artikel ini.

Kita mulai mengenal apa itu artikel SEO Friendly.

SEO Friendly artinya ramah mesin pencari, menulis artikel yang sesuai dengan kaidah mesin pencari. Ketika tulisan sesuai dengan mesin pencari maka akan sesuai juga dengan kebutuhan manusia.

Perkembangan teknologi mesin pencari memaksa para praktisi SEO untuk terus berbenah diri dalam mengimbangi dan mengejar kemajuan tersebut. Mereka berusaha mencari titik lemah mesin pencari untuk menampilkan hasil yang maksimal untuk setiap keyword yang ditargetkan.

Setiap waktu algoritma mesin pencarian berubah drastis, dan sebagai contoh salah satu blog saya yang tentang yotube hampir selama 3 tahun bertengger di pageone. Kemudian pada tahun ini hilang entah kemana.

Blog yang bagus harus dibuat sebagus mungkin dari awal salah satunya adalah dengan menghilangkan teknik ATM ( Amati, Tiru, Modifikasi ).

Kenapa harus menghindari ATM?

Google dilengkapi dengan kecerdasan buatan yang disebut sebagai AI (Artificial Intelegent) atau kecerdasan buatan yang dikenal dengan istilah Google RankBrain.

Google RankBrain merupakan algoritma google yang mampu menafsirkan dan membaca kalimat secara keseluruhan dengan mengetahui persamaan kata atau perbedaan kata sehingga satu paragraph dengan redaksi berbeda namun memiliki arti yang sama akan dianggap duplikasi konten.

Sebagai contoh, sebelum algoritma google RankBrain diciptakan, pada saat kita mengetik query "cara membuat blog" maka kita akan mendapatkan hasil pencarian dengan kata kunci tersebut. Akan tetapi ketika update google RankBrain diupdate, maka kata kunci tersebut tidak akan ditampilkan semua akan tetapi akan ditampilkan juga konten yang relevan dengan keyword tersebut.

APA ITU SEO FRIENDLY?

Sederhana saja, SEO Friendly dapat anda artikan ramah mesin pencari. Jadi, pengertian SEO friendly adalah situs web atau blog yang ramah terhadap mesin pencari dan mesin pencari akan berbuat yang sama untuk situs web/blog anda.

Anda ramah saya ramah, anda tidak ramah saya tidak akan indeks kamu.Begitulah kira-kira yang dikatakan oleh mesin pencari terhadap website / blog anda.

Jika saya harus jelaskan mungkin dalam artikel yang akan datang saya akan menjelaskannya. Kenapa? Karena saya tidak membahas tentang hal itu, tetapi saya menyampaikan kepada anda bagaimana menulis artikel seo friendly untuk blog anda agar blog yang anda kelola berkualitas dan tidak dianggap remeh oleh pengunjung setia blog anda.

Ok, langsung saja pada praktek yang harus anda lakukan untuk mendapatkan posisi yang baik bagi artikel anda dan akan berdampak pada blog anda.

Lalu, bagaimana cara menulis artikel SEO Friendly?

Google sangat menyukai konten yang unik dan segar. Konten unik dapat diartikan sebagai konten yang memberikan manfaat atau adanya efek terhadap pembaca, unique juga dapat diartikan berbeda dari yang lain. Sedangkan fresh content adalah content yang selalu di update secara berkala.

Sebelum kita memahami bagaimana cara menulis artikel SEO friendly ada baiknya kita mengenal apa itu menulis.

Pengertian Menulis Untuk SEO

Pengertian menulis secara umum adalah menuangkan ide, gagasan, pikiran dan perasaan yang diungkapkan melalui bahasa tulis. Pengertian menulis adalah kegiatan kita untuk menyampaikan gagasan kepada pembaca dalam bahasa tulis agar bisa dipahami oleh pembaca.

menulis artikel

Tarigan (1985:5) menyatakan bahwa menulis adalah:
Keterampilan yang produktif karena menulis merupakan komunikasi tidak langsung yang sifat dan karakternya sangat berbeda dengan berbicara yang diungkapkan secara langsung.

Suparno, Yunus (2006:14) berpendapat bahwa:
Menulis merupakan serangkaian aktivitas yang terjadi dan melibatkan beberapa fase, yaitu fase persiapan, pengembangan isi dan telaah, serta revisi atau penyempurnaan tulisan.

Menurut Morsey (Dalam Suparno, Yunus, 2006:30), menyatakan bahwa:
Menulis merupakan keterampilan yang produktif dan ekspresif karena menulis harus terampil menggunakan grofologi, struktur bahasa, dan memiliki pengetahuan bahasa yang memadai.

Dari beberapa pengertian menulis diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa menulis adalah merupakan salah satu keterampilan yang produktif, artinya dapat menghasilkan sesuatu yang baru dan dapat dipergunakan sebagai alat untuk berkomunikasi secara tidak langsung oleh si penulis.

Definisi tersebut memperlihatkan bahwa pengertian menulis merupakan komunikasi secara tertulis kepada pihak lain melalui beberapa fase atau tahapan yaitu fase persiapan, pengembangan isi dan revisi serta memperhatikan dan menggunakan struktur kebahasaan yang benar sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

Kaidah menulis juga dipengaruhi oleh azas-azas menulis. Azas-azas menulis diantaranya:

menulis artikel seo friendly
  1. Kejelasan
  2. Ringkas
  3. Ketepatan
  4. Kesatupaduan
  5. Pertautan
  6. Penegasan

Saya berharap setelah Anda memahami pengertian menulis setidaknya anda menemukan ide yang tepat untuk mengembangkan kreativitas Anda dalam menulis.

Tidak semua orang mampu menulis akan tetapi tidak semua orang juga tidak bisa menulis. Setiap orang yang punya ide atau pikiran pasti dia bisa menulis, perbedaannya adalah apakah seseorang itu malas atau tidak.

Saya tertarik untuk mengutip sebuah artikel yang ditulis oleh caramenulisbuku.com dalam artikelnya yang berjudul "Tips dan Cara Menulis Artikel yang Baik" yang secara khusus bagaimana menulis yang baik.

Menulis yang baik adalah dengan memahami JENIS ARTIKEL yang kita tulis karena dengan memahami jenis artikel yang kita tulis maka tulisan kita tidak menjadi rancu.

Ada beberapa jenis artikel yang mesti Anda tahu. Jenis artikel tersebut diantaranya:
  1. Artikel Persuasi
  2. Artikel Argumentasi
  3. Artikel Eksposisi (Contohnya bisa Anda lihat Disini)
  4. Artikel Narasi
  5. Artikel Deskripsi

Masih mengutip caramenulisbuku.com, bahwa didalam artikelnya juga dijelaskan tentang "Cara Menulis Artikel SEO". Menurutnya, artikel SEO adalah:
Inti dari menulis artikel SEO adalah: menerapkan aturan mesin pencari dalam menulis artikel sehingga robot perayap mesin itu mudah melacak dan merekomendasi tulisan kita tampil di halaman depan hasil pencarian.

Akan tetapi, dalam menulis artikel SEO harus dengan kaidah mesin pencari atau standar mesin pencari. Kita bisa saja menulis semau kita dan seenaknya kita akan tetapi kita juga perlu memperhatikan apakah tulisan tersebut disukai pembaca atau tidak, disukai oleh mesin pencari atau tidak.

Beberapa pakar SEO menyarankan bahwa kaidah penulisan yang sesuai standar SEO adalah:
  • Menggunakan keyword dalam judul artikel
  • Deskripsi dengan panjang maksimal 160 karakter dan mengandung target keyword
  • Jumlah kata minimal 300 (Versi Yoast)
  • Memuat infografis atau gambar disertai atribut TITLE dan ALT
  • Menyebar keyword di awal, tengah dan akhir artikel.

Bukan maksud saya untuk mengesampingkan mesin pencari lain seperti Bing, Yahoo, MSN , Yandex dan semacamnya melainkan karena satu faktor yaitu Jumlah Pengguna Mesin Pencari, jadi saya fokuskan bagaimana cara menulis artikel SEO friendly standar google.

Perlu anda ketahui, bahwa google mempunyai standar baku dalam menilai artikel yang diterbitkan apakah sesuai standar SEO atau tidak. Apakah yang anda tuliskan memenuhi standar mereka atau tidak.

Google selalu melakukan update terhadap algoritma miliknya, jadi bukan hal yang mengherankan jika pada hari kamis artikel kita berada di laman pertama dan hilang pada hari minggu.

Jika anda menemukan kasus seperti itu, anda wajib waspada dengan artikel lain yang anda punya. Silahkan cek kembali apakah masih ada atau hilang.

... fahami dan pelajari bagaimana google dance bekerja.

Artikel yang tetap bertahan di posisinya adalah artikel yang kuat dan mempunyai otoritas dan artikel yang hilang adalah artikel sampah, anda bisa memperbaikinya atau anda bisa membiarkannya saja dan menggantikannya dengan yang baru.

Jika artikel anda ingin tetap bertahan, rawatlah artikel anda seperti merawat binatang kesayangan anda, peliharalah artikel anda sebagaimana anda memelihara hewan kesayangan anda.

Menulis Artikel SEO Friendly secara Struktural

Didalam menulis artikel, pokok utama tulisan adalah struktur yang tepat. Jika kita cermati, pengertian struktur artinya adalah sesuatu yang disusun atau sesuatu yang dibangun. Struktur dalam menulis artikel yang baik dan benar mempunyai makna sesuatu yang terbentuk dan terkait.

Struktural dalam kaitannya dengan kegiatan menulis adalah makna yang terbentuk karena dikarenakan penggunaan kata dalam kaitannya dengan tata bahasa yang digunakan.

Dalam ilmu nahwu ( bahasa arab ) atau tata bahasa ( dalam bahasa indonesia ), menulis erat kaitannya dengan kaidah bahasa yang lazim digunakan. Meski tidak menjadi kaidah yang resmi yang berlaku bagi si Penulis.

Sebagai contoh : Saya menulis ini dan saya boleh saja menggunakan tata bahasa yang baku dan saya juga berhak menulis semau saya tanpa memperhatikan kaidah bahasa.

Tulisan yang enak dibaca adalah tulisan yang disusun memakai kaidah yang berlaku tetapi juga ada tulisan yang enak dibaca tetapi melawan arus dari yang umum dilakukan oleh orang - orang.

Ada satu hal yang harus anda perhatikan dalam menulis yaitu APA YANG ANDA SAMPAIKAN BERMAKNA

Setidaknya ketika anda menulis mengandung beberapa makna yang terkandung yaitu Makna Leksikal, Makna Konstektual dan Makna Metaforis

Menulis Artikel SEO Friendly secara Sistematis

Cara menulis artikel SEO friendly yang kedua adalah menulis secara sistematis. Sistematis adalah segala usaha untuk menguraikan dan merumuskan sesuatu dalam hubungan yang teratur dan logis sehingga membentuk suatu sistem yang berarti secara utuh, menyeluruh, terpadu , mampu menjelaskan rangkaian sebab akibat menyangkut obyeknya (Wikipedia )

Mengacu pada pengertian sistematis diatas, jika kita menerapkannya dalam sebuah tulisan maka didapat suatu kesimpulan bahwa apa yang anda sampaikan harus memenuhi unsur- unsur berikut :
  • Mempunyai hubungan yang teratur
  • Disusun secara logis
  • Mampu menjelaskan hubungan sebab akibat

Menulis Artikel SEO Friendly secara logis

Cara yang ketiga ketika anda ingin menulis artikel seo friendly adalah logis. Seperti point dua diatas, bahwa apa yang anda sampaikan haruslah logis.

Logis artinya dapat diterima oleh akal. Sesuatu yang disampaikan ketika diterima oleh akal maka akan mudah diterima oleh mesin pencari.

Kenapa? Jika anda mengikuti perkembangan teknologi mesin pencari pada saat ini, anda akan sedikit dibuat kaget karena mereka menerapkan teknlogi semantic.

Artinya, spider google mampu membedakan mana kalimat yang sesuai ilmu bahasa dan mana kalimat yang tidak sesuai ilmu bahasa.

Bukan saja kalimat, mereka juga mampu mengambil makna dari keseluruhan artikel yang anda tulis.

Dikutip dari laman resminya, google sekarang tidak lagi menggunakan keywords sebagai dasar pemberian CPC tetapi mereka menilai keseluruhan kontent situs.

MEMBUAT ARTIKEL SEO FRIENDLY DARI GOOGLE

Tips menulis artikel SEO friendly dari google ini patut anda coba dan akan sedikit saya sampaikan disini. Sebenarnya tips ini adalah rahasia dan kebanyakan disembunyikan oleh pakar SEO.

Karena kebanyakan blogger tidak memahaminya terutama pemula, maka akan saya sampaikan bagaimana cara menulis artikel SEO friendly yang direkomendasikan oleh Google

Ada dua tips umum yang direkomendasikan oleh google yaitu apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.
Pastikan apa yang disampaikan bermanfaat

Ketika anda menulis artikel, pastikan bahwa apa yang anda sampaikan dibutuhkan oleh pengunjung.

Maksudnya begini, ketika anda menulis A pastikan bahwa isi tulisan anda adalah A, jangan sampai menipu pengunjung karena akan berdampak buruk pada blog anda.

Anda bisa saja melakukan teknik clickbait tetapi akan berlaku sementara untuk website anda. Banyak saya temukan kasus-kasus seperti ini, terutama mereka yang bermain konten viral.

Mendapatkan Backlink Secara Alami

Backlink adalah salah satu tolak ukur yang dijadikan dasar pemeringkatan website. Ada dua jenis backlink yang sekarang berkembang yaitu backlink dofollow dan backlink nofollow.

Backlink yang didapat secara alami lebih bagus dan lebih mempunyai otoritas dibandingkan dengan backlink yang didapat dari hasil tukar backlink.

Berusahalah lebih keras lagi agar website lain bersedia memberikan backlink terhadap website anda secara sukarela. Backlink type inilah yang disukai oleh google, istilahnya disebut one way backlink.

Navigasi artikel yang jelas

Membuat navigasi yang jelas dan mudah diakses sangat disarankan oleh google. Navigasi artikel disini maksudnya anda membuat internal link terhadap artikel yang relevan.

Praktik Menulis Artikel SEO Friendly

Sampai tahap ini, apakah Anda sudah siap menjadi seorang blogger sukses?. Jika Anda sudah siap, maka Anda mesti mempersiapkan senjata ini untuk memulai menulis artikel berkualitas yang sangat disukai oleh pembaca, robots, dan search engine.

1. Menentukan Gagasan atau Ide

Gagasan atau ide adalah faktor yang penting untuk memulai sebuah tulisan, Anda sebelum menulis harus punya ide yang akan memandu Anda mendapatkan praktik terbaik sehingga Anda mendapatkan impian Anda yaitu hasil yang maksimal.

Dalam menentukan ide atau gagasan utama, yang harus Anda lakukan pertama kali adalah mengenali kemampuan diri Anda. Lihat dan perhatikan Potensi apa yang ada didalam diri Anda. Okelah ane ambil studi agar Anda lebih faham dengan beberapa pertanyaan.

Apa hobi Anda?. Duh gan, hobi ane jalan – jalan. Silahkan buat artikel tentang travelling atau reviews tempat wisata yang pernah Anda kunjungi

Anda tinggal dimana?. Ane tinggal di daerah pegunungan gan, deket sama gunung krakatau. Silahkan buat tulisan tentang alam ( nature) atau Anda juga bisa membuat artikel tentang science

Apa bakat Anda?. Kalo bakat ane sih dibidang desain. Silahkan buat artikel tentang desain. Atau misalkan Anda berbakat dibidang seni, silahkan buat artikel yang berkaitan dengan seni

Apa Profesi Anda? Jika Anda seorang guru, sangat potensial jika Anda menulis ulasan tentang Education, jika Anda seorang mekanik namun Anda membahas kesehatan, pikirkan ulang seribu kali.

Menulis berdasarkan hobi, geografis dan bakat akan menghasilkan karya yang luar biasa. Memilih topik yang dapat membangkitkan minat paling potensial menghasilkan keluaran yang maksimal.

2. Membuat Sketsa atau Kerangka Artikel

Buka laptop Anda dan masuk ke microsft word, buatlah beberapa list yang ingin Anda tulis. Simpan list Anda dalam folder agar sewaktu – waktu saat Anda membutuhkannya Anda tinggal buka aje.

3. Mengenali Jenis Artikel

Perhatikan baik-baik apa yang hendak Anda sampaikan. Kenapa harus diperhatikan? Penting, untuk mengenali jenis artikel yang ingin Anda sampaikan, masuk kedalam kategori mana. Apa berita, panduan atau opini tentang sesuatu hal.

4. Mengumpulkan Bahan Tulisan

Sebelum Anda memutuskan untuk mulai menulis, maka tindakan pertama yang harus Anda perbuat adalah mengumpulkan bahan atau materi. Anda bisa mendapatkan materi – materi tersebut dengan cara interview langsung dengan narasumber, melakukan percobaan dan penelitian, mencari buku bacaan, atau meng – copy artikel orang lain.

5. Mempelajari Tema atau Topik yang akan dibahas

Setelah semua bahan terkumpul, Anda jangan langsung menulis. Sebaiknya Anda pelajari dulu topik yang akan disampaikan dan dimaksudkan agar tidak terjadi kekeliruan ( blunder ) yang akan membuat artikel Anda jauh dari harapan.

Mulai Menulis Artikel

Ini adalah masa yang paling sulit. Pada fase inilah kesabaran dan ketelitian Anda diuji. Ketika jari mulai menari, sangat sulit untuk menulis kalimat pertama, namun Anda jangan khawatir. Ane kasih saran, tulis aja apa yang ada pertama kali dalam fikiran Anda.

Kecakapan menulis harus diimbangi dengan kemahiran berbahasa akan menghasilkan artikel yang enak dibaca dan tidak bosan, namun yang paling penting dari itu adalah artikel Anda bisa memberikan “Jalan Keluar” bagi permasalahan pembaca karena hakikatnya menulis adalah menyampaikan solusi. Inilah ciri artikel yang berkualitas yang ditargetkan untuk Human.

Ane kasih tahu, selain Anda menargetkan manusia, Anda juga harus menargetkan mesin pencari agar tertarik akan isi artikel Anda. Nah, dari sini lah harus memahami teknik dasar SEO

...dan jika Anda pengguna blogspot, Anda wajib belajar SEO Blogspot

Gimana mastah caranya? Gampang bro, Anda hanya perlu melakukan ini dan itu.

Perhatikan Panjang artikel, buat artikel dengan karakter 400 kata sampai 900 kata, karena kalau kepanjangan pengunjung keburu bosen, ini berakibat pada tingginga bounce rate (rasio pentalan)

Target Keyword, tempatkan kata kunci bidikan pada awal kalimat, kemudian disisipkan ditengah kalimat secara natural, jangan dipaksakan agar tidak dianggap SPAM

Eksternal dan Internal Link, jika Anda punya artikel yang satu topik, maka wajib hukumnya bagi Anda untuk membuat link internal antar artikel. Masukkan juga link eksternal yang berasal dari website besar seperti wiki sebagai penanda bahwa artikel Anda bukan artikel sembarangan. ( Trust of Authority for other website)

Jika Anda sudah berhasil melakukan 3 cara sederhana diatas, ane jamin -1000% blog Anda bakal menjadi blog yang sangat berkualitas. Apalagi jika blog Anda tidak kayak blog ane “ BLOG CAMPUR SARI”. Usahakan Anda punya blog yang satu niche.

Kesimpulan

Silahkan praktek dan praktek untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga Anda berkesan dengan pembahasan dan panduan tips terbaik menulis artikel berkualits. Masa depan ada ditangan Anda, percuma saja ilmu segunung kalo tidak bermanfaat.

Ilmu sedikit dibagi-bagi tidak akan habis toh?. Terakhir ane ucapin “ SILAHKAN PRAKTEK”. Demikian sedikit ulasan tentang bagaimana Menulis Artikel Blog Standar SEO (SEO Friendly) dan semoga ini bermanfaat.

Menulis Artikel Blog Standar SEO (SEO Friendly)

iklan tengah
Menulis artikel blog standar SEO memang dirasa sulit oleh sebagian blogger terutama mereka yang belum memahami standar SEO. Dalam menulis artikel untuk blog, ada kaidah-kaidah yang perlu Anda perhatikan yang disebut dengan SEO Friendly atau Ramah SEO.

Dalam satu kesempatan ada seorang teman sesama blogger yang meminta saran kepada saya, "Bagaimana cara menulis yang bagus untuk blog?"

Dia juga meminta saya untuk memberikan penilaian atas artikel-artikelnya.

Menulis Artikel Blog Standar SEO

cara menulis artikel seo

Saya bukan lah SEO Expert atau praktisi SEO handal, saya hanya sedikit memahami apa itu SEO dan bagaimana menulis yang baik dan juga saya masih dalam tahap belajar SEO.

Ingat!! Sedikit saja, tidak banyak. Di luar sana banyak mastah yang ahli.

Ada banyak pendapat tentang artikel SEO, di satu sisi artikel SEO adalah artikel yang dibuat untuk manusia.

Sementara itu, satu pendapat mengatakan lupakan SEO fokus lah menulis karena algoritma google lebih menyukai artikel yang disukai manusia juga.

Kedua pendapat diatas semuanya benar, dan simak penjelasannya dalam artikel ini.

Kita mulai mengenal apa itu artikel SEO Friendly.

SEO Friendly artinya ramah mesin pencari, menulis artikel yang sesuai dengan kaidah mesin pencari. Ketika tulisan sesuai dengan mesin pencari maka akan sesuai juga dengan kebutuhan manusia.

Perkembangan teknologi mesin pencari memaksa para praktisi SEO untuk terus berbenah diri dalam mengimbangi dan mengejar kemajuan tersebut. Mereka berusaha mencari titik lemah mesin pencari untuk menampilkan hasil yang maksimal untuk setiap keyword yang ditargetkan.

Setiap waktu algoritma mesin pencarian berubah drastis, dan sebagai contoh salah satu blog saya yang tentang yotube hampir selama 3 tahun bertengger di pageone. Kemudian pada tahun ini hilang entah kemana.

Blog yang bagus harus dibuat sebagus mungkin dari awal salah satunya adalah dengan menghilangkan teknik ATM ( Amati, Tiru, Modifikasi ).

Kenapa harus menghindari ATM?

Google dilengkapi dengan kecerdasan buatan yang disebut sebagai AI (Artificial Intelegent) atau kecerdasan buatan yang dikenal dengan istilah Google RankBrain.

Google RankBrain merupakan algoritma google yang mampu menafsirkan dan membaca kalimat secara keseluruhan dengan mengetahui persamaan kata atau perbedaan kata sehingga satu paragraph dengan redaksi berbeda namun memiliki arti yang sama akan dianggap duplikasi konten.

Sebagai contoh, sebelum algoritma google RankBrain diciptakan, pada saat kita mengetik query "cara membuat blog" maka kita akan mendapatkan hasil pencarian dengan kata kunci tersebut. Akan tetapi ketika update google RankBrain diupdate, maka kata kunci tersebut tidak akan ditampilkan semua akan tetapi akan ditampilkan juga konten yang relevan dengan keyword tersebut.

APA ITU SEO FRIENDLY?

Sederhana saja, SEO Friendly dapat anda artikan ramah mesin pencari. Jadi, pengertian SEO friendly adalah situs web atau blog yang ramah terhadap mesin pencari dan mesin pencari akan berbuat yang sama untuk situs web/blog anda.

Anda ramah saya ramah, anda tidak ramah saya tidak akan indeks kamu.Begitulah kira-kira yang dikatakan oleh mesin pencari terhadap website / blog anda.

Jika saya harus jelaskan mungkin dalam artikel yang akan datang saya akan menjelaskannya. Kenapa? Karena saya tidak membahas tentang hal itu, tetapi saya menyampaikan kepada anda bagaimana menulis artikel seo friendly untuk blog anda agar blog yang anda kelola berkualitas dan tidak dianggap remeh oleh pengunjung setia blog anda.

Ok, langsung saja pada praktek yang harus anda lakukan untuk mendapatkan posisi yang baik bagi artikel anda dan akan berdampak pada blog anda.

Lalu, bagaimana cara menulis artikel SEO Friendly?

Google sangat menyukai konten yang unik dan segar. Konten unik dapat diartikan sebagai konten yang memberikan manfaat atau adanya efek terhadap pembaca, unique juga dapat diartikan berbeda dari yang lain. Sedangkan fresh content adalah content yang selalu di update secara berkala.

Sebelum kita memahami bagaimana cara menulis artikel SEO friendly ada baiknya kita mengenal apa itu menulis.

Pengertian Menulis Untuk SEO

Pengertian menulis secara umum adalah menuangkan ide, gagasan, pikiran dan perasaan yang diungkapkan melalui bahasa tulis. Pengertian menulis adalah kegiatan kita untuk menyampaikan gagasan kepada pembaca dalam bahasa tulis agar bisa dipahami oleh pembaca.

menulis artikel

Tarigan (1985:5) menyatakan bahwa menulis adalah:
Keterampilan yang produktif karena menulis merupakan komunikasi tidak langsung yang sifat dan karakternya sangat berbeda dengan berbicara yang diungkapkan secara langsung.

Suparno, Yunus (2006:14) berpendapat bahwa:
Menulis merupakan serangkaian aktivitas yang terjadi dan melibatkan beberapa fase, yaitu fase persiapan, pengembangan isi dan telaah, serta revisi atau penyempurnaan tulisan.

Menurut Morsey (Dalam Suparno, Yunus, 2006:30), menyatakan bahwa:
Menulis merupakan keterampilan yang produktif dan ekspresif karena menulis harus terampil menggunakan grofologi, struktur bahasa, dan memiliki pengetahuan bahasa yang memadai.

Dari beberapa pengertian menulis diatas dapat kita ambil kesimpulan bahwa menulis adalah merupakan salah satu keterampilan yang produktif, artinya dapat menghasilkan sesuatu yang baru dan dapat dipergunakan sebagai alat untuk berkomunikasi secara tidak langsung oleh si penulis.

Definisi tersebut memperlihatkan bahwa pengertian menulis merupakan komunikasi secara tertulis kepada pihak lain melalui beberapa fase atau tahapan yaitu fase persiapan, pengembangan isi dan revisi serta memperhatikan dan menggunakan struktur kebahasaan yang benar sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

Kaidah menulis juga dipengaruhi oleh azas-azas menulis. Azas-azas menulis diantaranya:

menulis artikel seo friendly
  1. Kejelasan
  2. Ringkas
  3. Ketepatan
  4. Kesatupaduan
  5. Pertautan
  6. Penegasan

Saya berharap setelah Anda memahami pengertian menulis setidaknya anda menemukan ide yang tepat untuk mengembangkan kreativitas Anda dalam menulis.

Tidak semua orang mampu menulis akan tetapi tidak semua orang juga tidak bisa menulis. Setiap orang yang punya ide atau pikiran pasti dia bisa menulis, perbedaannya adalah apakah seseorang itu malas atau tidak.

Saya tertarik untuk mengutip sebuah artikel yang ditulis oleh caramenulisbuku.com dalam artikelnya yang berjudul "Tips dan Cara Menulis Artikel yang Baik" yang secara khusus bagaimana menulis yang baik.

Menulis yang baik adalah dengan memahami JENIS ARTIKEL yang kita tulis karena dengan memahami jenis artikel yang kita tulis maka tulisan kita tidak menjadi rancu.

Ada beberapa jenis artikel yang mesti Anda tahu. Jenis artikel tersebut diantaranya:
  1. Artikel Persuasi
  2. Artikel Argumentasi
  3. Artikel Eksposisi (Contohnya bisa Anda lihat Disini)
  4. Artikel Narasi
  5. Artikel Deskripsi

Masih mengutip caramenulisbuku.com, bahwa didalam artikelnya juga dijelaskan tentang "Cara Menulis Artikel SEO". Menurutnya, artikel SEO adalah:
Inti dari menulis artikel SEO adalah: menerapkan aturan mesin pencari dalam menulis artikel sehingga robot perayap mesin itu mudah melacak dan merekomendasi tulisan kita tampil di halaman depan hasil pencarian.

Akan tetapi, dalam menulis artikel SEO harus dengan kaidah mesin pencari atau standar mesin pencari. Kita bisa saja menulis semau kita dan seenaknya kita akan tetapi kita juga perlu memperhatikan apakah tulisan tersebut disukai pembaca atau tidak, disukai oleh mesin pencari atau tidak.

Beberapa pakar SEO menyarankan bahwa kaidah penulisan yang sesuai standar SEO adalah:
  • Menggunakan keyword dalam judul artikel
  • Deskripsi dengan panjang maksimal 160 karakter dan mengandung target keyword
  • Jumlah kata minimal 300 (Versi Yoast)
  • Memuat infografis atau gambar disertai atribut TITLE dan ALT
  • Menyebar keyword di awal, tengah dan akhir artikel.

Bukan maksud saya untuk mengesampingkan mesin pencari lain seperti Bing, Yahoo, MSN , Yandex dan semacamnya melainkan karena satu faktor yaitu Jumlah Pengguna Mesin Pencari, jadi saya fokuskan bagaimana cara menulis artikel SEO friendly standar google.

Perlu anda ketahui, bahwa google mempunyai standar baku dalam menilai artikel yang diterbitkan apakah sesuai standar SEO atau tidak. Apakah yang anda tuliskan memenuhi standar mereka atau tidak.

Google selalu melakukan update terhadap algoritma miliknya, jadi bukan hal yang mengherankan jika pada hari kamis artikel kita berada di laman pertama dan hilang pada hari minggu.

Jika anda menemukan kasus seperti itu, anda wajib waspada dengan artikel lain yang anda punya. Silahkan cek kembali apakah masih ada atau hilang.

... fahami dan pelajari bagaimana google dance bekerja.

Artikel yang tetap bertahan di posisinya adalah artikel yang kuat dan mempunyai otoritas dan artikel yang hilang adalah artikel sampah, anda bisa memperbaikinya atau anda bisa membiarkannya saja dan menggantikannya dengan yang baru.

Jika artikel anda ingin tetap bertahan, rawatlah artikel anda seperti merawat binatang kesayangan anda, peliharalah artikel anda sebagaimana anda memelihara hewan kesayangan anda.

Menulis Artikel SEO Friendly secara Struktural

Didalam menulis artikel, pokok utama tulisan adalah struktur yang tepat. Jika kita cermati, pengertian struktur artinya adalah sesuatu yang disusun atau sesuatu yang dibangun. Struktur dalam menulis artikel yang baik dan benar mempunyai makna sesuatu yang terbentuk dan terkait.

Struktural dalam kaitannya dengan kegiatan menulis adalah makna yang terbentuk karena dikarenakan penggunaan kata dalam kaitannya dengan tata bahasa yang digunakan.

Dalam ilmu nahwu ( bahasa arab ) atau tata bahasa ( dalam bahasa indonesia ), menulis erat kaitannya dengan kaidah bahasa yang lazim digunakan. Meski tidak menjadi kaidah yang resmi yang berlaku bagi si Penulis.

Sebagai contoh : Saya menulis ini dan saya boleh saja menggunakan tata bahasa yang baku dan saya juga berhak menulis semau saya tanpa memperhatikan kaidah bahasa.

Tulisan yang enak dibaca adalah tulisan yang disusun memakai kaidah yang berlaku tetapi juga ada tulisan yang enak dibaca tetapi melawan arus dari yang umum dilakukan oleh orang - orang.

Ada satu hal yang harus anda perhatikan dalam menulis yaitu APA YANG ANDA SAMPAIKAN BERMAKNA

Setidaknya ketika anda menulis mengandung beberapa makna yang terkandung yaitu Makna Leksikal, Makna Konstektual dan Makna Metaforis

Menulis Artikel SEO Friendly secara Sistematis

Cara menulis artikel SEO friendly yang kedua adalah menulis secara sistematis. Sistematis adalah segala usaha untuk menguraikan dan merumuskan sesuatu dalam hubungan yang teratur dan logis sehingga membentuk suatu sistem yang berarti secara utuh, menyeluruh, terpadu , mampu menjelaskan rangkaian sebab akibat menyangkut obyeknya (Wikipedia )

Mengacu pada pengertian sistematis diatas, jika kita menerapkannya dalam sebuah tulisan maka didapat suatu kesimpulan bahwa apa yang anda sampaikan harus memenuhi unsur- unsur berikut :
  • Mempunyai hubungan yang teratur
  • Disusun secara logis
  • Mampu menjelaskan hubungan sebab akibat

Menulis Artikel SEO Friendly secara logis

Cara yang ketiga ketika anda ingin menulis artikel seo friendly adalah logis. Seperti point dua diatas, bahwa apa yang anda sampaikan haruslah logis.

Logis artinya dapat diterima oleh akal. Sesuatu yang disampaikan ketika diterima oleh akal maka akan mudah diterima oleh mesin pencari.

Kenapa? Jika anda mengikuti perkembangan teknologi mesin pencari pada saat ini, anda akan sedikit dibuat kaget karena mereka menerapkan teknlogi semantic.

Artinya, spider google mampu membedakan mana kalimat yang sesuai ilmu bahasa dan mana kalimat yang tidak sesuai ilmu bahasa.

Bukan saja kalimat, mereka juga mampu mengambil makna dari keseluruhan artikel yang anda tulis.

Dikutip dari laman resminya, google sekarang tidak lagi menggunakan keywords sebagai dasar pemberian CPC tetapi mereka menilai keseluruhan kontent situs.

MEMBUAT ARTIKEL SEO FRIENDLY DARI GOOGLE

Tips menulis artikel SEO friendly dari google ini patut anda coba dan akan sedikit saya sampaikan disini. Sebenarnya tips ini adalah rahasia dan kebanyakan disembunyikan oleh pakar SEO.

Karena kebanyakan blogger tidak memahaminya terutama pemula, maka akan saya sampaikan bagaimana cara menulis artikel SEO friendly yang direkomendasikan oleh Google

Ada dua tips umum yang direkomendasikan oleh google yaitu apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan.
Pastikan apa yang disampaikan bermanfaat

Ketika anda menulis artikel, pastikan bahwa apa yang anda sampaikan dibutuhkan oleh pengunjung.

Maksudnya begini, ketika anda menulis A pastikan bahwa isi tulisan anda adalah A, jangan sampai menipu pengunjung karena akan berdampak buruk pada blog anda.

Anda bisa saja melakukan teknik clickbait tetapi akan berlaku sementara untuk website anda. Banyak saya temukan kasus-kasus seperti ini, terutama mereka yang bermain konten viral.

Mendapatkan Backlink Secara Alami

Backlink adalah salah satu tolak ukur yang dijadikan dasar pemeringkatan website. Ada dua jenis backlink yang sekarang berkembang yaitu backlink dofollow dan backlink nofollow.

Backlink yang didapat secara alami lebih bagus dan lebih mempunyai otoritas dibandingkan dengan backlink yang didapat dari hasil tukar backlink.

Berusahalah lebih keras lagi agar website lain bersedia memberikan backlink terhadap website anda secara sukarela. Backlink type inilah yang disukai oleh google, istilahnya disebut one way backlink.

Navigasi artikel yang jelas

Membuat navigasi yang jelas dan mudah diakses sangat disarankan oleh google. Navigasi artikel disini maksudnya anda membuat internal link terhadap artikel yang relevan.

Praktik Menulis Artikel SEO Friendly

Sampai tahap ini, apakah Anda sudah siap menjadi seorang blogger sukses?. Jika Anda sudah siap, maka Anda mesti mempersiapkan senjata ini untuk memulai menulis artikel berkualitas yang sangat disukai oleh pembaca, robots, dan search engine.

1. Menentukan Gagasan atau Ide

Gagasan atau ide adalah faktor yang penting untuk memulai sebuah tulisan, Anda sebelum menulis harus punya ide yang akan memandu Anda mendapatkan praktik terbaik sehingga Anda mendapatkan impian Anda yaitu hasil yang maksimal.

Dalam menentukan ide atau gagasan utama, yang harus Anda lakukan pertama kali adalah mengenali kemampuan diri Anda. Lihat dan perhatikan Potensi apa yang ada didalam diri Anda. Okelah ane ambil studi agar Anda lebih faham dengan beberapa pertanyaan.

Apa hobi Anda?. Duh gan, hobi ane jalan – jalan. Silahkan buat artikel tentang travelling atau reviews tempat wisata yang pernah Anda kunjungi

Anda tinggal dimana?. Ane tinggal di daerah pegunungan gan, deket sama gunung krakatau. Silahkan buat tulisan tentang alam ( nature) atau Anda juga bisa membuat artikel tentang science

Apa bakat Anda?. Kalo bakat ane sih dibidang desain. Silahkan buat artikel tentang desain. Atau misalkan Anda berbakat dibidang seni, silahkan buat artikel yang berkaitan dengan seni

Apa Profesi Anda? Jika Anda seorang guru, sangat potensial jika Anda menulis ulasan tentang Education, jika Anda seorang mekanik namun Anda membahas kesehatan, pikirkan ulang seribu kali.

Menulis berdasarkan hobi, geografis dan bakat akan menghasilkan karya yang luar biasa. Memilih topik yang dapat membangkitkan minat paling potensial menghasilkan keluaran yang maksimal.

2. Membuat Sketsa atau Kerangka Artikel

Buka laptop Anda dan masuk ke microsft word, buatlah beberapa list yang ingin Anda tulis. Simpan list Anda dalam folder agar sewaktu – waktu saat Anda membutuhkannya Anda tinggal buka aje.

3. Mengenali Jenis Artikel

Perhatikan baik-baik apa yang hendak Anda sampaikan. Kenapa harus diperhatikan? Penting, untuk mengenali jenis artikel yang ingin Anda sampaikan, masuk kedalam kategori mana. Apa berita, panduan atau opini tentang sesuatu hal.

4. Mengumpulkan Bahan Tulisan

Sebelum Anda memutuskan untuk mulai menulis, maka tindakan pertama yang harus Anda perbuat adalah mengumpulkan bahan atau materi. Anda bisa mendapatkan materi – materi tersebut dengan cara interview langsung dengan narasumber, melakukan percobaan dan penelitian, mencari buku bacaan, atau meng – copy artikel orang lain.

5. Mempelajari Tema atau Topik yang akan dibahas

Setelah semua bahan terkumpul, Anda jangan langsung menulis. Sebaiknya Anda pelajari dulu topik yang akan disampaikan dan dimaksudkan agar tidak terjadi kekeliruan ( blunder ) yang akan membuat artikel Anda jauh dari harapan.

Mulai Menulis Artikel

Ini adalah masa yang paling sulit. Pada fase inilah kesabaran dan ketelitian Anda diuji. Ketika jari mulai menari, sangat sulit untuk menulis kalimat pertama, namun Anda jangan khawatir. Ane kasih saran, tulis aja apa yang ada pertama kali dalam fikiran Anda.

Kecakapan menulis harus diimbangi dengan kemahiran berbahasa akan menghasilkan artikel yang enak dibaca dan tidak bosan, namun yang paling penting dari itu adalah artikel Anda bisa memberikan “Jalan Keluar” bagi permasalahan pembaca karena hakikatnya menulis adalah menyampaikan solusi. Inilah ciri artikel yang berkualitas yang ditargetkan untuk Human.

Ane kasih tahu, selain Anda menargetkan manusia, Anda juga harus menargetkan mesin pencari agar tertarik akan isi artikel Anda. Nah, dari sini lah harus memahami teknik dasar SEO

...dan jika Anda pengguna blogspot, Anda wajib belajar SEO Blogspot

Gimana mastah caranya? Gampang bro, Anda hanya perlu melakukan ini dan itu.

Perhatikan Panjang artikel, buat artikel dengan karakter 400 kata sampai 900 kata, karena kalau kepanjangan pengunjung keburu bosen, ini berakibat pada tingginga bounce rate (rasio pentalan)

Target Keyword, tempatkan kata kunci bidikan pada awal kalimat, kemudian disisipkan ditengah kalimat secara natural, jangan dipaksakan agar tidak dianggap SPAM

Eksternal dan Internal Link, jika Anda punya artikel yang satu topik, maka wajib hukumnya bagi Anda untuk membuat link internal antar artikel. Masukkan juga link eksternal yang berasal dari website besar seperti wiki sebagai penanda bahwa artikel Anda bukan artikel sembarangan. ( Trust of Authority for other website)

Jika Anda sudah berhasil melakukan 3 cara sederhana diatas, ane jamin -1000% blog Anda bakal menjadi blog yang sangat berkualitas. Apalagi jika blog Anda tidak kayak blog ane “ BLOG CAMPUR SARI”. Usahakan Anda punya blog yang satu niche.

Kesimpulan

Silahkan praktek dan praktek untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga Anda berkesan dengan pembahasan dan panduan tips terbaik menulis artikel berkualits. Masa depan ada ditangan Anda, percuma saja ilmu segunung kalo tidak bermanfaat.

Ilmu sedikit dibagi-bagi tidak akan habis toh?. Terakhir ane ucapin “ SILAHKAN PRAKTEK”. Demikian sedikit ulasan tentang bagaimana Menulis Artikel Blog Standar SEO (SEO Friendly) dan semoga ini bermanfaat.

Tidak ada komentar