Kode Bank BTN dan Cara Transfer Antar Bank BTN

Kode Bank BTN adalah salah satu kode bank yang ada di Indonesia yang perlu Anda ketahui. Kode Bank adalah salah satu syarat untuk transaksi online atau transfer antar bank via ATM. Memasukan kode bank adalah syarat mutlak untuk transfer uang untuk semua Bank yang ada di dunia ini. Pun demikian dengan kode bank BTN yang merupakan salah satu syarat sukses atau tidaknya transaksi online.

Dengan adanya kode bank tersebut, seluruh bank terhubungkan dalam satu jaringan sehingga memudahkan kita untuk transfer uang secara online, via sms banking, mobile banking atau pun melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Berbeda dengan transfer dari luar negeri yang membutuhkan kode SWIFT, untuk transfer antar bank dalam negeri tidak membutuhkan SWIFT code. Untuk mengetahui informasi tentang SWIFT Code Bank, silahkan Anda membaca SWIFT Kode Bank Seluruh Indonesia.

Bagi sebagian orang mungkin kode bank bukan hal penting yang harus diketahui. Misalnya seorang petani kampung yang hanya memegang pacul tidak akan mungkin mencari informasi kode bank. Atau buruh nelayan yang sehari-hari pekerjaannya ditengah laut mereka juga rasanya mustahil untuk mencari informasi kode bank. Walau, tidak menutup kemungkinan petani dan nelayan tersebut suatu saat ingin mengetahui kode bank dikarenakan suatu sebab.

Sebab dimaksud adalah petani atau nelayan tersebut mempunyai anak di luar kota yang sedang bekerja dan sedang kredit rumah melalui produk BTN sementara di wilayah si Petani dan Nelayan tersebut hanya tersedia 1 bank saja, misalnya bank BRI tentu petani dan nelayan tersebut harus tahu kode bank BTN ketika mereka akan melakukan transaksi.

Kode Bank BTN dan Cara Transfer Antar Bank BTN

Bank BTN atau PT Bank Tabungan Negara, (Persero),Tbk adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dibidang Perbankan. Bank BTN memiliki layanan serta mendukung pembiayaan sektor perumahan melalui tiga produk utamanya yaitu perbankan perseorangan, bisnis dan syariah.

Sebelum ShoutedMe.com menyampaikan informasi kode bank BTN dan cara transfer anta bank BTN alangkah lebih baiknya kalau lebih dulu disampaikan informasi tentang bank BTN seperti sejarah bank BTN, visi misi bank BTN serta beberap produk unggulan bank BTN.

Sejarah Bank BTN

Berdasarkan sejarah, Bank BTN adalah salah satu Bank tertua di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1897, pada masa pemerintah Belanda dengan nama Postspaarbank. Pada masa penjajahan jepang bank BTN diambil alih pemerintah Jepang dan diganti namanya menjadi Tyokin Kyoku pada tanggal 1 April 1942.

Pada masa kemerdekaan, Tyokin Kyoku diambil alih oleh pemerintah Indonesia dan namanya diubah menjadi Kantor Tabungan Pos RI yang merupakan satu-satunya lembaga tabungan saat itu. Kemudian pada tanggal 9 Februari 1950 pemerintah mengganti namanya dengan nama Bank Tabungan Pos.

kode bank btn

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 4 tahun 1963 Lembaran Negara Republik Indonesia No. 62 tahun 1963 tanggal 22 Juni 1963, maka resmi sudah nama Bank Tabungan Pos diganti namanya menjadi Bank Tabungan Negara sampai dengan sekarang. Pada tanggal 29 Januari 1974 melalui Surat Menteri Keuangan RI No. B-49/MK/I/1974 sebagai wadah pembiayaan proyek perumahan untuk rakyat. Sejalan dengan tugas tersebut, maka mulai 1976 mulailah realisasi KPR (Kredit Pemilikan Rumah) pertama kalinya oleh Bank BTN.

Visi Misi Bank BTN

Dikutip dari situs resmi bank BTN, Visi Bank BTN adalah:
Terdepan dan terpercaya dalam memfasilitasi sektor perumahan dan jasa layanan keuangan keluarga.

Sementara, misi bank BTN adalah:
  • Berperan aktif dalam mendukung sektor perumahan, baik dari sisi penawaran maupun dari sisi permintaan, yang terintegrasi dalam sektor perumahan di Indonesia
  • Memberikan layanan unggul dalam pembiayaan kepada sektor perumahan dan kebutuhan keuangan keluarga
  • Meningkatkan keunggulan kompetitif melalui inovasi pengembangan produk, jasa dan jaringan strategisberbasis digital
  • Menyiapkan dan mengembangkan human capital yang berkualitas, profesional, dan memiliki banyak integritas tinggi
  • Meningkatkan shareholder value dengan fokus kepada peningkatan pertumbuhan profitabilitas sesuai dengan prinsip kehati-hatian dan good corporate governance
  • Memedulikan kepentingan masyarakat sosial dan lingkungan secara berkelanjutan

Produk Andalan Bank BTN

Selain KPR, ban BTN juga melayani perbankan konsumen (Simpanan). Untuk Produk kredit konsumer terbagi menjadi empat yaitu KPR Bersubsidi, KPR Non Subsidi, Kredit Perumahan lainnya dan Kredit Konsumer. Produk simpanan juga terbagi menjadi tiga yaitu Giro, Tabungan dan Deposito.

Sementara untuk produk pembiayaan perumahan terbagi menjadi dua yaitu Pembiayaan Konsumer Syariah dan Pembiayaan Komersial Syariah.

Diatas adalah penjelasan singkat tentang sejarah bank BTN, produk bank BTN dan Visi Misi bank BTN untuk selanjutnya kita akan membahas kode bank BTN serta cara transfer antar bank BTN.

Pengertian Kode Bank

Tahukah anda pengertian kode bank? Jika tidak tahu, maka saatnya anda tahu pengertian kode bank dari artikel yang saya sampaikan ini. Pengertian Kode Bank adalah kode unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama bank serta membedakan bank satu dengan bank lainnya.

Kode bank di Indoenesia terdiri dari 3 angka yang setiap bank mempunyai angka yang berbeda. Misalnya 014 sebagai kode Bank BCA, 022 sebagai kode bank CIMB Niaga, 009 untuk kode bank BNI, 002 untuk kode bank BRI dan kode bank BTN adalah 200.

Jadi, kode bank merupakan identitas unik atau nomor unik yang diberikan, sederhananya, jika kita diberikan nomor KTP oleh pemerintah maka bank juga diberikan nomor Bank sebagai nomor unik dan identitas.

Fungsi Kode Bank

Dari beberapa penjelasan diatas sudah dijelaskan bahwa untuk setiap kegiatan transaksi online membutuhkan kode bank. Jadi, fungsi kode bank adalah untuk memudahkan transaksi online baik itu transfer uang antar bank, belanja online, membayar tagihan atau membeli barang secara online.

Fungsi utama kode bank adalah sebagai identitas dan pembeda.

Kode Bank BTN adalah 200

Dari hasil penelusuran ShoutedMe.com didapatkan fakta bahwa jumlah pencarian dengan query "Kode Bank BTN " mencapai 27100/Bulan. Itu hanya untuk 1 mesin pencari saja yaitu google, jika ditambahkan dengan mesin pencari lain kemungkinan besar mencapai 100 ribu query pencarian per bulan.

Dengan banyaknya jumlah pencarian terkait kode bank BTN mengindikasikan bahwa banyak orang yang belum mengetahui kode bank BTN. Secara matematis, bahwa setiap hari ada 3000 orang lebih mencari kode bank BTN untuk berbagai keperluan.

Berapakah kode bank BTN?

"200" adalah kode bank BTN.

Cara Transfer Antar Bank dengan Kode Bank BTN

Oleh karena fungsi kode bank adalah sebagai pembeda dalam melakukan transaksi online, maka angka 200 untuk kode bank BTN juga berbeda dengan bank lain dan angka tersebut hanya dimiliki oleh bank BTN ketika Anda akan transfer antar bank.

Bagaimana cara transfer antar bank dengan menggunakan kode bank BTN?

Sebelum kita membahas pada pokok permasalahan, saya ingin membuat ilustrasi terlebih dulu agar memudahkan anda memahami cara transfer antar bank dengan menggunakan kode bank BTN.

Tuan Jono, Joni dan Jana adalah 3 sekawan yang selalu kompak dalam segala hal. Pun demikian dengan memilih hunian mereka tinggal berdekatan tanpa terpisahkan.

Tuan Jono adalah pemegang KPR dan beliau punya Bank BCA. Tuan Joni juga pemegang KPR dan dia punya rekening di Bank BRI, sedangkan tuan Jana memegang rekening bank BNI.

Singkat cerita, ketiganya malas pergi ke Bank BTN untuk membayar cicilan rumah mereka dan mereka bertiga memutuskan untuk transfer via rekening masing-masing.

Ketiganya pun sepakat pergi ke ATM terdekat sambil jalan-jalan.

Tuan Jono duluan masuk dan melakukan transaksi. Tuan jono pun mulai melaksanakan cara transfer antar bank dari BCA ke BTN.

Masukan ATM - Masukan Kode Pin - Pilih Menu Transfer - Pilih Antar Bank - Masukan Kode Bank BTN ( 2001234567890) - Perhatikan nama yang tertera - Tekan Ya - Masukan Jumlah Uang - Tekan Yes - Selesai

Keterangan:
  1. Angka merah 200 adalah kode bank BTN
  2. Angka Biru 1234567890 adalah No rekening Bank BTN

Tuan Jono transfer uang dari ATM ke rekening BTN karena beliu tidak daftar SMS Banking BCA sehingga tidak tahu Cara Transfer Uang Via SMS Banking BCA.

kode bank btn 2

Beda dengan tuan Joni dan Jono yang melakukan transaksi via sms banking BRI dan SMS Banking BNI. Dan tuan Joni pun memberikan contoh cara transfer antar bank SMS banking BRI dengan menggunakan kode bank BTN.

Perintah untuk transfer antar bank sms banking BRI adalah TRANSFER KODE Bank Tujuan + Nomor Rekening NOMINAL PIN

Contohnya TRANSFER 2001234567890 500000 123456 kirim ke 3300

Keterangan:
  1. Warna Merah untuk kode bank BTN
  2. Warna Biru No Rekening Bank BTN
  3. Warna Hijau jumlah uang
  4. Warna Kuning PIN SMS Banking BRI

Giliran tuan Jono yang akan memberikan contoh cara menggunakan kode bank btn via sms banking BNI.

Format SMS Bankig BNI adalah TRF Spasi ANTARBANK Spasi Kode Bank BTN + No Rekening Spasi Jumlah Uang Kirim ke 3366.

Bagaimana dengan Bank Mandiri? Silahkan Simak dalam SWIFT Code Bank Mandiri

Contohnya TRF ANTARBANK 2001234567890 500000 kirim ke 3366. Kemudian Anda akan menerima sms notifikasi apakah anda akan mentransfer sejumlang uang. Masukan PIN sms banking anda sesuai dengan perintah yang ada di dalam SMS dan kirim ke 3366.

Diatas adalah ilustrasi cara menggunakan kode bank btn dan kita telah tiba dipenghujung artikel tentang Kode Bank BTN dan Cara Transfer Antar Bank BTN. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.
BERIKAN KOMENTAR ()