Perbedaan HTTP HTTPS: Penyedia SSL Certificate Terbaik di Indonesia

    Social Items

Apa perbedaan HTTP dan HTTPS? dan siapakah penyedia SSL Certificate terbaik di Indonesia? Pertanyaan sederhana namun banyak yang tidak mengetahui penyedia SSL sertifikat terbaik diantara yang terbaik di Indonesoa dan tidak memahami perbedaan HTTP dan HTTPS yang merupakan salah satu cara untuk membuat blog atau website yang dikelola menjadi lebih SEO friendly.

Blog yang dibuat dengan dasar SEO akan sangat bagus dalam persaingan kata kunci dan peluang untuk mendapatkan traffic organik sangat besar.

Salah satu dari faktor SEO dari ratusan faktor adalah SSL Certificate .

Penyedia SSL Certificate

Untuk membantu Anda dalam mengembangkan SEO serta memahami cara kerja HTTP dan HTTPS yang didukung oleh SSL Certificate maka ShoutedMe.com akan memberitahukan kepada Anda yaitu:
  1. Pengertian http
  2. Pengertian https
  3. Perbedaan http https
  4. Fungsi https
  5. Pengertian SSL
  6. Jenis-jenis SSL
  7. Cara mendapatkan SSL
  8. Penyedia SSL Certificate terbaik Indonesia



Introductions

Kebutuhan akan SSL cerficate semakin hari makin meningkat. Hal tersebut disebabkan oleh satu aspek yang paling vital dalam sebuah website atau blog.

Aspek vital dimaksud adalah keamanan.

Ya, keamanan sebuah website menjadi prioritas utama bagi para pemilik website baik itu website pribadi, organisasi atau pun website pemerintah. Faktor keamanan ini menjadi perhatian utama mengingat data yang dikeluarkan oleh Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi mengungkap bahwa selama 10 bulan pertama di tahun 2018 terdeteksi lebih dari 200 juta serangan siber ke Indonesia dan 36 juta aktivitas malware yang paling banyak menyerang situs internet dengan alamat domain ac.id, co.id, dan go.id sebagaimana dikutip dari detik.com.

Fenomena tersebut bukan hal yang aneh dan lumrah dalam jaringan internet. Serangan cyber tidak bisa dihentikan tapi bisa diminimalisir dan salah satu caranya adalah dengan mengamankan website kita menggunakan SSL Certificate.

Menemukan penyedia jasa SSL certificate terbaik tidak cukup sulit. Ada banyak penyedia SSL certificate di indonesia salah satunya adalah Warung SSL.

Warung SSL dibawah naungan PT Manggala Cipta Indonesia hadir terdepan untuk membantu Anda mengamankan website Anda. Ada banyak alasan kenapa harus memilih warung SSL sebagai partner bisnis Anda yang akan kami jelaskan dibawah.

Tetapi, untuk perkenalan kami akan mengulas sedikit tentang alasan kenapa harus memilih warung SSL.

Warung SSL adalah perusahaan resmi sebagai penyedia jasa SSL certificate karena WarungSSL merupakan partner resmi dari otoritas terkemuka penyedia SSL certificate seperti Comodo, Symantec, GeoTrust,RapidSSL, Certum, Thawte dan yang lainnya.

Supaya memudahkan Anda memahami penyedia SSL certificate terbaik yang menjadi warung SSL, berikut kami jelaskan satu demi satu.

Comodo SSL Cerficate

Comodo SSL Cerficate
Berdiri sejak tahun 1998 dan telah dipercaya oleh sebagian besar pemilik website. Saat ini, Comodo SSL Certificate mengawasi lebih dari 85 juta website.

Selain itu, Comodo SSL Certificate juga menyediakan berbagai paket yang bisa Anda pilih di warung SSL.

GeoTrust SSL Certificate

geotrust ssl certificate
GeoTrust SSL Certifiate hadir di 150 negara dengan melayani 100 ribu lebih pengguna. GeoTrust SSL Certifiate merupakan penyedia SSL certificate terbaik dunia kedua setelah Comodo SSL Certificate.

Ada banyak paket pilihan SSL certificate dari GeoTrust yang bisa Anda dapatkan di warung SSL. Harga paket GeoTrust SSL Certificate dimulai dari harga $70 untuk paket GeoTrust QuickSSL Premium.

Entrust SSL Certificate

Entrust SSL Certificate

Dalam Entrust SSL Certificate dikenal dengan layanan SWS yaitu suatu layanan yang men-scan website secara teratur untuk memburu bermacam-macam kode berbahaya, malware, atau serangan cyber lainnya yang sifatnya dapat merusak website.

Keunggulan dari Entrust SSL certificate adalah adanya manajemen sertifikat yang dapat diakses dari browser web apa saja.

RapidSSL Certificate

RapidSSL Certicate menyediakan kekuatan enkripsi 256-bit yang juga dilengkapi dengan True Site Seals.

Ada dua pilihan paket Sertifikat RapidSSL yaitu paket RapidSSL Certificate dan RapidSSL WildCard Certificate yang bisa Anda beli di warung SSL sebagai penyedia jasa terbaik bagi Anda.

Symantec SSL Certificate

Siapa yang tidak kenal dengan Symantec yang merupakan pialang keamanan website dunia. Norton adalah salah satu produknya yang mendunia.
Symantec SSL Certificate
Symantec SSL Certificate harganya cukup mahal. harga termurah yang ditawarkan oleh warung SSL adalah sebesar 300 dollar dengan paket Symantec Secure Site SSL Certificate.

Selain 5 penyedia SSL certificate terbaik dunia diatas, warung SSL juga menjadi partner resmi dari certum, digicert dan thawte yang reputasinya dalam keamanan website sudah tidak diragukan lagi.

HTTP versus HTTPS

Siapa sih yang tidak ingin mempunyai blog SEO dan disayang oleh google atau mesin pencari lainnya? tentu saja semua blogger menginginkan blog yang dikelolanya selalu tampil baik di SERPs.

Anda menginginkan hal tersebut? Mari kita belajar SEO tahap demi tahap agar usaha kita maksimal dan mendapatkan berkah.

Catatan
Ingin mempelajari SEO dari awal? Baca Panduan Lengkap Belajar SEO

Secara umum ada tiga logo yang menggambarkan kondisi situs yang Anda akses. Jika terdapat logo tidak aman artinya website yang Anda kunjungi tidak aman. Sementara jika anda menemukan website dengan logo Aman itu berarti website tersebut aman untuk dikunjungi.

Logo ketiga yaitu Tidak aman atau berbahaya mengindikasikan bahwa website tersebut tidak aman dan google menyarankan untuk berhati-hati terhadap situs web dengan tanda Tidak aman | https://namadomain

Penjelasan singkat tentang logo atau tanda dari http dan https diatas mungkin cukup membantu Anda.

Masuk pada sesi pertama.

Materi pertama yang ingin saya sampaikan adalah tentang SSL untuk SEO blog dan pentingnya SSL Certificate untuk blog. Perhatikan gambar dibawah!

perbedaan http https warung ssl
Blog tersebut saya sejak bulan september 2018 dan pembelian nama domainnya sekitar bulan mei 2018 dan selama 4 bulan saya hanya menulis beberapa artikel saja namun kemudian saya hapus.

Anda bisa lihat pagaviews dan sumber traffic yang masuk yaitu kebanyakan dari mesin pencari dan menurut Anda apakah blog tersebut sudah SEO?

Jika anda mengatakan blog tersebut belum SEO, ayo sama-sama kita belajar dan memaknai SEO secara mendalam.

Mari kita pelajari apa itu http dan https dan apa efeknya untuk SEO.
Kembali Ke Daftar Isi

Berkenalan dengan http

Sebelum saya mengajak Anda memahami perbedaan http https sangat penting untuk SEO blog atau website mari kita bahas satu per satu.

Kita awali dengan berkenalan dengan http...
ssl certificate terbaik
http yang ditandai dengan logo tidak aman atau Tidak aman | https://namadomain,com oleh google harus Anda perbaiki agar berubah menjadi seperti ini Aman | https://domainkamu

Untuk itu, Warung SSL hadir dengan menyediakan SSL Certificate terbaik di indonesia .
Kembali Ke Daftar Isi

Sejarah perkembangan http

HTTP memiliki sejarah yang cukup panjang dimana pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990 oleh konsorsium World Wide Web (World Wide Web Consortium/W3C) dan juga Internet Engineering Task Force (IETF).

Versi pertama dari HTTP adalah versi 0.9. Versi 0.9 ini adalah protokol transfer dokumen secara mentah, maksudnya adalah data dokumen dikirim sesuai dengan isi dari dokumen tersebut tanpa memandang tipe dari dokumen.

Kemudian pada tahun 1996 protokol HTTP diperbaiki menjadi HTTP versi 1.0. Perubahan ini untuk mengakomodasi tipe-tipe dokumen yang hendak dikirim beserta encoding yang dipergunakan dalam pengiriman data dokumen.

Sesuai dengan perkembangan infrastruktur internet maka pada tahun 1999 dikeluarkan HTTP versi 1.1 untuk mengakomodasi proxy, cache dan koneksi yang persisten.
Kembali Ke Daftar Isi

Memahami pengertian http

Apa itu http?
Pernahkah Anda memperhatikan browser? Pada pojok kiri atas di dalam address bar atau kotak telusur terdapat tanda gembok atau huruf i yang dilingkari.

Tanda tersebut merupakan protokol http atau juga bisa https jika tanda yang ada pada browser Anda berupa gembok berwarna hijau.

HTTP merupakan kepanjangan dari HyperText Transfer Protokol adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hypermedia.


http merupakan sebuah komunikasi permintaan dan jawaban. Permintaan datang dari klien seperti web browser, robots atau spider crawler mesin pencari.

Permintaan diawali dengan membuat hubungan ke port ke server webhosting. Port standar untuk permintaan ini biasanya port 80. Klien yang mengirimkan permintaan HTTP juga dikenal dengan user agent.

Server yang meresponnya, yang menyimpan sumber daya seperti berkas HTML dan gambar, dikenal juga sebagai origin server. Di antara user agent dan juga origin server, bisa saja ada penghubung, seperti halnya proxy, gateway, dan juga tunnel.

Sumber daya yang hendak diakses dengan menggunakan HTTP diidentifikasi dengan menggunakan Uniform Resource Identifier (URI), atau lebih khusus melalui Uniform Resource Locator (URL), menggunakan skema URI http://

Lihat info grafik http dibawah!
info grafik http
Grafik diatas menjelaskan bagaimana protokol http bekerja. User mengakses suatu alamat website berupa domain dan server mencoba menjembatani user dengan cara memberi port untuk dapat membuka alamat domain yang dituju sehingga dapat menampilkan media berupa teks, audio, video atau gambar.

Catatan
HTTP adalah jembatan yang mengirimkan data dari pengguna untuk dapat menampilkan website dari web server atau web hosting.
Kembali Ke Daftar Isi

HTTP request dan respons

Oleh karena http merupakan permintaan dan jawaban itu berarti ada komunikasi antara yang meminta dan yang memberikan jawaban.

HTTP merupakan protokol umum yang menangani komunikasi antara client dan server. Client merequest maka server merespon sesuai dengan permintaan klien.

Istilah kerennya " Lu minta apa gua kasih" atau " Loe jual Gue beli"
Kembali Ke Daftar Isi

HTTP request

Request adalah permintaan dari klien yaitu web browser seperti Firefox, Chrome ke server seperti web server. HTTP request juga berupa paket Informasi yang dikirim oleh satu komputer ke komputer lain untuk mengomunikasikan sesuatu.

Intinya, HTTP request adalah paket data biner yang dikirim oleh Klien ke server.

HTTP request terdiri dari 3 bagian yaitu baris permintaan, header dan body. Berikut adalah contoh kode HTTP request

Request Line: GET /utilities/weatherfull/city/hyderabad HTTP/1.1 -- LINE REQUEST--
Request Method: GET
Request Time: 2018-12-09 17:50:38
Accept-Encoding: gzip, deflate
Host address: restapi.demoqa.com
Client IP:
Client Port: 56687
HTTP Protocol Version: HTTP/1.1
Connection:
User-Agent: Mozilla/5.0 (Windows NT 10.0; Win64; x64) AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko) Chrome/70.0.3538.110 Safari/537.36
Accept-Language: id-ID,id;q=0.9,en-US;q=0.8,en;q=0.7
Request body:
Cookie: PHPSESSID=vj2r4q43ibr2t5u5djq1q73vt0
Pragma: no-cache
Cache-Control: no-cache -- BODY --

Barisan kode diatas dapat kita jelaskan tentang struktur dan metode http request yaitu:
  1. Get adalah metode untuk menandakan jenis request yang digunakan.
  2. Path, merupakan bagian dari URL yang diambil setelah nama domain
  3. Host, berisi host dan port yang digunakan pada original URL
  4. Accept, berisi informasi MIME atau tipe yang akan dikenali oleh browser
  5. Accept-Encoding berisi informasi encoding yang dikenali oleh browser
  6. Connection, memberitahu ke server apakah client dapat menghandle HTTP connections
  7. Cookie mengirimkan kembali cookie ke server

HTTP respon

Pernah kah anda menggunakan fasilitas fetch as google di GWT ( google webmaster tools)? Jika pernah coba klik URL yang ada minta untuk di crawler maka akan tampil sebagaimana gambar dibawah.
http respons

Tampak pada gambar terdapat respons http yang diminta. Berikut dibawah adalah kode tersebut.

HTTP/1.1 200 OK
X-Robots-Tag: all,noodp
Content-Type: text/html; charset=UTF-8
Expires: Sun, 09 Dec 2018 07:35:13 GMT
Date: Sun, 09 Dec 2018 07:35:13 GMT
Cache-Control: private, max-age=0
Last-Modified: Sun, 09 Dec 2018 07:18:24 GMT
ETag: W/"32eb4c1f1d0d49cfb6ec894965b61e319c041aa30b5abedc353f1b52ee205dca"
Transfer-Encoding: chunked
X-Content-Type-Options: nosniff
X-XSS-Protection: 1; mode=block
Server: GSE

HTTP respons adalah paket informasi yang dikirim oleh Server ke Klien sebagai tanggapan atas permintaan sebelumnya yang telah dibuat oleh Klien . HTTP respon berisi informasi yang diminta oleh Klien.

Struktur http respons sama dengan http request yang terdiri dari 3 bagian.

Dari baris http respons diatas dapat kita jelaskan sebagai berikut:
Baris pertama HTTP/1.1 200 OK adalah bagian header yang mendeskripsikan bahwa versi http yang digunakan adalah versi 1.1. Angka 200 merupakan kode status http dan OK adalah pesan dari respon http bahwa URL yang diminta tersedia dan siap diakses.

Content-Type merupakan type dari content yaitu berupa text atau html. charset=UTF-8 adalah instruksi kepada web browser untuk menerjemahkan karakter-karakter di dalam halaman HTML sebagai UTF-8.
Kembali Ke Daftar Isi

Kode status http

Dari penjelasan diatas anda menemukan angka 200 yang merupakan kode status http.

Apa arti kode status http?

Terdapat 5 kode status dengan arti yang berbeda-beda yaitu:
  1. 1xx Informasi
  2. 2xx Sukses
  3. 3xx Pengalihan
  4. 4xx Kesalahan Klien
  5. 5xx Kesalahan Server

Tabel dibawah menjelaskan deskripsi dari masing-masing kode status http.

1xx Informasi

Berupa informasi bahwa permintaan Anda sedang di proses. Kode ini menandakan bahwa protokol http berusaha menjawab permintaan Anda.
Kode StatusDeskripsi
100 Melanjutkan Tahap awal yang menyatakan bahwa protokol siap melaksanakan tugas.
101 Memilih Protokol Mencoba mencari protokol sesuai dengan request dari klien
102 Memproses Santai saja, http sudah menemukan apa yang anda butuhkan dan siap memprosesnya untuk Anda

2xx Sukses

Kode ini sebagai indikator bahwa permintaan Anda telah diterima dan berhasil
Kode Status Deskripsi
200 OK Selamat, permintaan Anda terpenuhi. Server telah menemukan halaman yang anda cari dan tersedia untuk Anda.
201 Request Berhasil dibuat Permintaan anda telah berhasil dan server akan membuat sumber baru untuk Anda.
202 Request berhasil diterima Permintaan anda diterima, tapi maaf belum dapat kami proses.
203 Non-Authoritative Information (since HTTP/1.1) Sayangnya kami telah menemukan halaman yang anda minta akan tetapi bukan dari sumber yang Anda inginkan.
204 Tanpa Konten Permintaan anda telah kami terima dan berhasil kami temukan, tetapi halaman tersebut tanpa isi alias zonk.
205 Reset Content Kami telah berhasil menemukan konten yang anda minta, akan tetapi konten tersebut kosong, silahkan ubah kembali permintaan anda.
206 Partial Content Kami telah berhasil menemukan permintaan anda untuk sebagian konten.

3xx Redirect/Pengalihan

Kelas kode 3xx disebut dengan redirect atau pengalihan URL. Dalam hal ini terjadi apabila ada beberapa URL yang tidak bisa diakses.

Untuk mendukung SEO, Google sendiri telah mendukung kelas http 3xx ini di dalam webmaster tool dan blogger yang bisa Anda gunakan secara cuma-cuma.
Kode Status Deskripsi
300 Multiple Choices Banyak pilihan, user agent harus harus memilih salah satunya. Protokol ini tidak mempunyai ketetapan baku untuk memilih
301 Dipindah Permanen URL/URI yang diminta telah pindah lokasi. Segera beritahu spider bot mesin pencari bahwa URL Anda telah pindah rumah.
302 Ditemukan Ditemukan tetapi telah diubaha sementara. Don't do anything for this code
303 Lihat Lainnya Permintaan anda dipindahkan dari lokasi awal
304 Not Modified Anda belum melakukan perubahan apapun terhadap laman ini.
305 Use Proxy (since HTTP/1.1) Anda hanya bisa mengakses halaman ini sesuai dengan proxy yang diminta server
306 Switch Proxy Ganti proxy Anda dengan yang diminta server
307 Temporary Redirect (since HTTP/1.1) Prinsipnya sama dengan kelas kode 302

4xx Kesalahan Klien

Ada yang salah dengan klien sehingga server tidak dapat memproses dan memenuhi permintaan Anda.
Kode Status Deskripsi
400 Permintaan Tak Layak Dikenal juga dengan Bad Request. Server berkata kepada Anda "Maaf, kami tidak memahami permintaan Anda"
401 Unauthorized Membutuhkan otorisasi. Laman yang anda akses membutuhkan otorisasi dan hal ini terjadi karena anda telah keluar dari laman dan server meminta anda untuk login kembali
402 Payment Required Sepertinya Anda membutuhkan uang untuk mengaksesnya. Maaf, kami bukan crazy rich asian
403 Terlarang Forbiden (bukan judul film), kode ini sebagai indikasi bahwa terjadi kesalahan dalam settingan blog Anda atau Anda belum menginstall website Anda di hosting.
404 Tidak Ditemukan Masalah umum yang sering ditemukan oleh para blogger. Eitsss,,, tenang aja guys, masalah ini bisa diatasi dengan menambahkan scrypt redirect dengan menggunakan kode status 3xx
405 Method Not Allowed Galat 405 HTTP umumnya ditemukan pada konfigurasi clien yang salah. Metode yang ditentukan dalam baris permintaan tidak diizinkan untuk sumber daya yang diidentifikasi oleh permintaan
406 Not Acceptable HTTP tidak bisa memproses permintaan karena halaman yang diminta tidak merespons sebagaimana karakteristik yang diminta
407 Proxy Authentication Required Lihat kode status 401
408 Request Timeout Kelamaan, sehingga server tidak bisa menampilkan halaman yang anda minta
409 Conflict Ada perbedaan antara permintaan awal dengan permintaan akhir
410 Tidak tersedia -
411 Length Required -
412 Precondition Failed -
413 Request Entity Too Large -
414 Request-URI Too Long Kalau bikin url jangan panjang-panjang.
415 Unsupported Media Type -
416 Requested Range Not Satisfiable -
417 Expectation Failed Maaf!! Harapan anda tidak dapat kami penuhi
419 Authentication Timeout (not in RFC 2616) -
420 Method Failure (Spring Framework) -

Dari kode status diatas beberapa kode kesalahan pernah saya alami. Bagaimana dengan Anda?

5xx Kesalahan Server

Galat http 5xx adalah murni kesalahan server dan tidak ada hubungannya dengan permintaan ( request). Kesalahan 5xx terjadi karena server tidak bisa memenuhi permintaan klien.
Kode Status Deskripsi
500 Internal Server Error Permintaan anda tidak dapat dipenuhi karena server mengalami galat
501 Not Implemented Permintaan anda tidak dapat kami kenali, itulah yang coba server katakan kepada Anda.
502 Bad Gateway Server bertindak sebagai gateway atau proxy dan menerima respon tidak valid dari upstream server.
503 Service Unavailable Server saat ini tidak tersedia (karena kelebihan beban atau dalam proses maintenance ). Umumnya, ini bersfiat sementara.
504 Gateway Timeout Tidak menerima permintaan tepat waktu dari server upstream.
505 HTTP Version Not Supported Versi protokol tidak memenuhi syarat
Kembali Ke Daftar Isi

Berkenalan dengan https

Setelah anda mengenal http sekarang kita akan membahas saudara kembarnya yakni https.

HTTPS kepanjangan dari Hypertext Transfer Protocol Secure yang mempunyai arti protokol komunikasi antara server dan klien yang dilindungi atau diamankan dengan kode-kode tertentu yang disebut dengan SSL dan TSL.

HTTPS memungkinkan bahwa data Anda akan aman karena dilindungi oleh suatu sistem yang disebut Encrypt dan Decrypt.

Dengan mengakses website yang ditandai dengan logo https menjamin bahwa data-data Anda akan aman seperti data kartu kredit, user name atau password. Sistem akan secara otomatis mengenkripsi data anda sekaligus mengembalikan data asli Anda (Decrypt).

Encrypt adalah proses merubah data menjadi rahasia dan Decrypt adalah mengembalikan data hasil encrypt menjadi data asli.

Contoh program encrypt

program Encrypt;
{$APPTYPE CONSOLE}
var c:char;
begin
  while not EOF do
  begin
    read(c);
    c:=Char(ord(c)+5);
    c:=Char((ord(c)shr 1)or(ord(c)shl 7));
    write(c);
  end;   
end.

Proses decrypt:
program Decrypt;
{$APPTYPE CONSOLE}
var c:char;
begin
  while not EOF do
  begin
    read(c);
    c:=Char((ord(c)shl 1)or(ord(c)shr 7));
    c:=Char(ord(c)-5);
    write(c);
  end;   
end.
Kembali Ke Daftar Isi

Sejarah HTTP Secure (https://)

https pertama kali ditemukan oleh Netscape Communications Corporation yaitu perusahaan asal Amerika Serikat yang bergerak dibidang internet, software dan telekomunikasi yang didirikan pada tahun 1994.

https digunakan untuk menyediakan Authenticated dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersil elektris. HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security) dan plain text.
Kembali Ke Daftar Isi

Perbedaan http dan https

Banyak diantara kita yang tidak memahami perbedaan http dengan https dari segi fungsinya atau manfaatnya untuk blog.

Dikuti dari laman resmi searchengineland bahwa pada bulan juli 2018 google secara resmi menandai situs web yang tidak menggunakan proxy HTTP dengan tanda tidak aman atau not secure sebagai bentuk tanggung jawab google akan pentingnya sistem keamanan sebuah situs web.

Dedikasi google terhadap sistem keamanan patut diberikan apreasiasi pasalnya sejak desember 2017 google mendukung dan menggratiskan https untuk custom domain yang pada awalnya hanya untuk subdomain blogspot saja.

Akan tetapi, walau pun sudah mendukung SSL atau https yang namanya gratisan tetap saja mempunyai banyak kekurangan dibandingkan dengan yang berbayar.
Kembali Ke Daftar Isi

Tabel perbedaan http dan https

Supaya memudahkan Anda dalam memahami http https maka ShoutedMe.com menyediakan tabel perbandingan http dan https.
HTTPHTTPS
Tidak menjamin keamanan data yang ditransmisikan antara client dengan server Menjamin keamanan data yang dikirimkan
Menggunakan port 80 Menggunakan port 443.
Tidak Membutuhkan SSL/TSL Membutuhkan SSL/TSL
Kurang bagus untuk SEO Bagus untuk SEO
Gratis Ada yang gratis dan ada yang berbayar
Dari tabel perbandingan http dan https diatas, apakah anda sudah memahami perbedaan http dan https?
Kembali Ke Daftar Isi

Bagaimana cara kerja https?

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah protokol komunikasi internet yang melindungi integritas dan kerahasiaan data pengguna antara komputer pengguna dan situs.

Prinsip kerja https didasarkan pada salah satu dari 2 jenis enkripsi protokol yaitu SSL dan TLS. SSL merupakan singkatan dari Secure Sockets Layer. Sementara TSL merupakan kepanjangan dari Transport Layer Security.

Baik TLS dan SSL menggunakan Infrastruktur Kunci Publik Asymmetric di mana kunci 'publik' dan kunci 'pribadi' digunakan untuk mengenkripsi data.
Kembali Ke Daftar Isi

Apa itu SSL Certificate?

SSL merupakan metode keamanan yang memungkinkan untuk enkripsi data ketika ditransfer melalui server. SSL Certificate membantu melindungi transfer informasi sensitif seperti nomor kartu kredit, kata sandi dan nama pengguna atau data-data pribadi pengguna yang rawan disalahgunakan untuk tujuan yang tidak baik.

Bagaimana cara kerja SSL?

Dengam memanfaatkan 2 kunci yang disebut dengan public key dan privat key SSL Certificate bekerja. Kedua kunci tersebut secara bersama-sama bekerja untuk mengenkripsi sambungan antara klien dan server.

Sederhananya antara pengguna dengan halaman yang diakses.

Apa keuntungan menggunakan SSL?

Sekilas telah saya bahas tentang manfaat dari penggunaan protokol https yang didukung oleh SSL yakni sangat bagus untuk SEO . Ketika anda memutuskan untuk beli ssl maka sangat disarankan untuk membelinya dari penyedia SSL Certificate terbaik di Indonesia.

Masih membahas keuntungan menggunakan SSL, apa sih keuntungan menggunakan SSL?
  1. Mendapatkan otoritas yang baik dari mesin pencari dan pengguna
  2. Blog anda lebih keren
  3. Mendapatkan trust dari pengguna
  4. Bagus untuk SEO

Kembali Ke Daftar Isi

Bagaimana cara mendapatkan SSL?

Ini merupakan alasan mengapa tulisan keren berjudul "Perbedaan HTTP HTTPS: Penyedia SSL Certificate Terbaik di Indonesia" ini ditulis.

Artikel ini didedikasikan untuk orang-orang yang:
  • Ingin membeli SSL murah
  • Mencari informasi SSL Certificate terbaik
  • Mencari informasi penyedia SSL Certificate terbaik di Indonesia
  • Mencari informasi harga SSL murah
Jika anda termasuk orang dengan type diatas, Anda sedang berada di tempatnya.

Pertama, untuk mendapatkan SSL tentu saja Anda harus punya blog dan kemudian membeli ssl dari #WarungSSL. Untuk pembelian SSL murah di Warung SSL akan dijelaskan nanti karena sekarang kita akan membahas jenis-jenis ssl yang wajib anda tahu.

Jenis-jenis SSL Certificate

Dengan memahami dan mengetahui jenis-jenis ssl certificate maka akan membantu Anda untuk menentukan mana SSL yang cocok untuk blog Anda.

Secara umum ada 3 jenis SSL certificate yaitu Domain Validation (DV) SSL Certificate, Organization Validation (OV) SSL Certificate dan Extended Validation (EV) SSL Certificate.

..simak penjelasan ketiga jenis sertifikat SSL tersebut dibawah ini!

Domain Validation (DV) SSL Certificate

Biasa disebut "Low Assurance Certificate" merupakan jenis SSL certificate yang paling rendah kualitasnya. Sertifikat SSL jenis ini hanya divalidasi oleh email saja.

Validasi otomatis memastikan bahwa nama domain terdaftar dan bahwa administrator menyetujui permintaan tersebut. Agar validasi berhasil, seorang pemilik blog harus mengonfirmasi melalui email atau mengonfigurasi catatan DNS untuk situs tersebut.

Organization Validation (OV) SSL Certificate

Jenis SSL certificate untuk validasi organisasi, atau badan usaha yang berada di belakang nama domain yang didaftarkan.

Extended Validation (EV) SSL Certificate

Jenis sertifikat SSL yang memerlukan proses validasi paling ketat. Jenis sertifikat ini memeriksa untuk memastikan bahwa bisnis adalah badan hukum dan memerlukan sejumlah dokumen persyaratan yang memuat informasi bisnis disediakan sebagai bukti kepemilikan domain.
penyedia ssl certificate terbaik indonesia
Kembali Ke Daftar Isi

Penyedia SSL Certificate Terbaik di Indonesia

Mungkin anda masih penasaran dengan penyedia SSL Certificate terbaik di indonesia mengingat begitu banyaknya perusahaan yang menawarkan SSL murah di indonesia.

Tips Catatan
Jangan percaya dengan janji SSL murah karena bisa jadi murahan. Kami sarankan Anda membaca artikel ini sampai selesai karena akan kami jelaskan penyedia SSL certificate terbaik di Indonesia.
Kembali Ke Daftar Isi

Siapa penyedia SSL Certificate terbaik Indonesia?

penyedia ssl certificate terbaik di indonesia
Langsung saja kami beritahukan kepada Anda bahwa penyedia SSL Certificate terbaik di Indonesia adalah Warung SSL . Ada banyak alasan kenapa saya mengatakan bahwa WarungSSL adalah salah satu perusahaan penyedia SSL certificate terbaik indonesia.
Kembali Ke Daftar Isi

Kenalan sama WarungSSL?

Dikutip dari laman resmi warung SSL (10/12/2018), warung SSL adalah:
Visi dan Misi kami adalah mendorong dan mendukung terciptanya penggunaan internet yang aman serta terpercaya baik untuk pengguna maupun bagi pengelola website. Hal ini tentunya akan memberi keuntungan bagi kedua belah pihak sehingga industri maupun aktivitas pada Internet dapat berkembang di Indonesia.

WarungSSL Indonesia adalah penyedia Sertifikat keamanan SSL Certificate dan pembaharuan Sertifikat SSL di Indonesia, WarungSSL Indonesia adalah Global Platinum Partners dari Otoritas Sertifikasi (CA) terkemuka di dunia termasuk, Symantec, GeoTrust, Thawte, RapidSSL, Comodo. Sumber :Warung SSL

WarungSSL dibawah naungan PT Manggala Cipta Indonesia adalah penyedia sertifikat SSL terbaik indonesia yang wajib anda pilih untuk keamanan website Anda.

Bagi anda yang ingin membangun website toko online maka memilih SSL Certificate yang tepat merupakan suatu keharusan karena akan menentukan "trust" konsumen kepada Anda.

Alasan memilih WarungSSL

Ada banyak sekali alasan mengapa Anda harus memilih WarungSSL sebagai partner bisnis Anda dan membeli SSL murah disana tapi tidak murahan, yaitu:
Mengapa WarungSSL
SUPPORTKETERANGAN
Dukungan Kapan Saja! Keluhan anda akan ditangani selama 24 jam penuh dalam seminggu (24/7)
Ragam pilihan produk SSL Banyak produk SSL Certificate yang bisa Anda pilih yang sesuai dengan budget dan kebutuhan website Anda.
Harga Yang Tidak Tertandingi Harga super duper murah sehingga akan menghemat keungan Anda.
Jaminan 30 Hari Garansi 30 hari
Platinum Partner Banyak partner terpercaya dari WarungSSL seperti Comodo

Bagaimana cara menghubungi WarungSSL?

Anda dapat menghubungi warungSSL melalui kontak dibawah ini!
  1. Alamat WarungSSL Indonesia (PT. Manggala Cipta Indonesia) Epicentrum Walk South 5th Fl. 529 A Jalan HR. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, 12940, Indonesia
  2. Phone. (021) 2943 1228 Fax. (021) 2943 1229
  3. Layanan Support. : (021) 2904 1500
  4. Email Support: cs@WarungSSL.com
  5. Facebook https://www.facebook.com/warungssl
  6. Twitter https://www.twitter.com/warungssl
  7. Google+ https://plus.google.com/+warungssl

Kembali Ke Daftar Isi

Penutup

HTTP dan HTTPS yang merupakan protokol komunikasi harus dipahami secara baik oleh para pengguna internet karena dengan memahami perbedaan http https maka Anda akan mengetahui tingkat keamanan data Anda.

Banyak sekali kasus pencurian kartu kredit atau data nasabah dan bahkan beberapa bulan yang lalu kita dihebohkan dengan aksi skimming yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Protokol https harus disertai dengan SSL Certificate, untuk itu membeli sertifikat SSL harus hati-hati karena banyak perusahaan yang menjual SSL murah dengan harga yang mahal.

WarungSSL hadir untuk menjawab permasalahan para pemilik website yang ingin mengamankan data mereka dan mendapatkan kepercayaan dari konsumen atau pun dari mesin pencari karena SSL certificate atau https sangat baik untuk SEO website.

Demikian penjelasan singkat kami tentang perbedaan http https dan menyampaian penyedia jasa SSL certificate terbaik di Indonesia
Kembali Ke Daftar Isi

Referensi:
  • SearchEngineLand
  • Youtube
  • PT Manggala Cipta Cipta Indonesia

Perbedaan HTTP HTTPS: Penyedia SSL Certificate Terbaik di Indonesia

iklan tengah
Apa perbedaan HTTP dan HTTPS? dan siapakah penyedia SSL Certificate terbaik di Indonesia? Pertanyaan sederhana namun banyak yang tidak mengetahui penyedia SSL sertifikat terbaik diantara yang terbaik di Indonesoa dan tidak memahami perbedaan HTTP dan HTTPS yang merupakan salah satu cara untuk membuat blog atau website yang dikelola menjadi lebih SEO friendly.

Blog yang dibuat dengan dasar SEO akan sangat bagus dalam persaingan kata kunci dan peluang untuk mendapatkan traffic organik sangat besar.

Salah satu dari faktor SEO dari ratusan faktor adalah SSL Certificate .

Penyedia SSL Certificate

Untuk membantu Anda dalam mengembangkan SEO serta memahami cara kerja HTTP dan HTTPS yang didukung oleh SSL Certificate maka ShoutedMe.com akan memberitahukan kepada Anda yaitu:
  1. Pengertian http
  2. Pengertian https
  3. Perbedaan http https
  4. Fungsi https
  5. Pengertian SSL
  6. Jenis-jenis SSL
  7. Cara mendapatkan SSL
  8. Penyedia SSL Certificate terbaik Indonesia



Introductions

Kebutuhan akan SSL cerficate semakin hari makin meningkat. Hal tersebut disebabkan oleh satu aspek yang paling vital dalam sebuah website atau blog.

Aspek vital dimaksud adalah keamanan.

Ya, keamanan sebuah website menjadi prioritas utama bagi para pemilik website baik itu website pribadi, organisasi atau pun website pemerintah. Faktor keamanan ini menjadi perhatian utama mengingat data yang dikeluarkan oleh Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi mengungkap bahwa selama 10 bulan pertama di tahun 2018 terdeteksi lebih dari 200 juta serangan siber ke Indonesia dan 36 juta aktivitas malware yang paling banyak menyerang situs internet dengan alamat domain ac.id, co.id, dan go.id sebagaimana dikutip dari detik.com.

Fenomena tersebut bukan hal yang aneh dan lumrah dalam jaringan internet. Serangan cyber tidak bisa dihentikan tapi bisa diminimalisir dan salah satu caranya adalah dengan mengamankan website kita menggunakan SSL Certificate.

Menemukan penyedia jasa SSL certificate terbaik tidak cukup sulit. Ada banyak penyedia SSL certificate di indonesia salah satunya adalah Warung SSL.

Warung SSL dibawah naungan PT Manggala Cipta Indonesia hadir terdepan untuk membantu Anda mengamankan website Anda. Ada banyak alasan kenapa harus memilih warung SSL sebagai partner bisnis Anda yang akan kami jelaskan dibawah.

Tetapi, untuk perkenalan kami akan mengulas sedikit tentang alasan kenapa harus memilih warung SSL.

Warung SSL adalah perusahaan resmi sebagai penyedia jasa SSL certificate karena WarungSSL merupakan partner resmi dari otoritas terkemuka penyedia SSL certificate seperti Comodo, Symantec, GeoTrust,RapidSSL, Certum, Thawte dan yang lainnya.

Supaya memudahkan Anda memahami penyedia SSL certificate terbaik yang menjadi warung SSL, berikut kami jelaskan satu demi satu.

Comodo SSL Cerficate

Comodo SSL Cerficate
Berdiri sejak tahun 1998 dan telah dipercaya oleh sebagian besar pemilik website. Saat ini, Comodo SSL Certificate mengawasi lebih dari 85 juta website.

Selain itu, Comodo SSL Certificate juga menyediakan berbagai paket yang bisa Anda pilih di warung SSL.

GeoTrust SSL Certificate

geotrust ssl certificate
GeoTrust SSL Certifiate hadir di 150 negara dengan melayani 100 ribu lebih pengguna. GeoTrust SSL Certifiate merupakan penyedia SSL certificate terbaik dunia kedua setelah Comodo SSL Certificate.

Ada banyak paket pilihan SSL certificate dari GeoTrust yang bisa Anda dapatkan di warung SSL. Harga paket GeoTrust SSL Certificate dimulai dari harga $70 untuk paket GeoTrust QuickSSL Premium.

Entrust SSL Certificate

Entrust SSL Certificate

Dalam Entrust SSL Certificate dikenal dengan layanan SWS yaitu suatu layanan yang men-scan website secara teratur untuk memburu bermacam-macam kode berbahaya, malware, atau serangan cyber lainnya yang sifatnya dapat merusak website.

Keunggulan dari Entrust SSL certificate adalah adanya manajemen sertifikat yang dapat diakses dari browser web apa saja.

RapidSSL Certificate

RapidSSL Certicate menyediakan kekuatan enkripsi 256-bit yang juga dilengkapi dengan True Site Seals.

Ada dua pilihan paket Sertifikat RapidSSL yaitu paket RapidSSL Certificate dan RapidSSL WildCard Certificate yang bisa Anda beli di warung SSL sebagai penyedia jasa terbaik bagi Anda.

Symantec SSL Certificate

Siapa yang tidak kenal dengan Symantec yang merupakan pialang keamanan website dunia. Norton adalah salah satu produknya yang mendunia.
Symantec SSL Certificate
Symantec SSL Certificate harganya cukup mahal. harga termurah yang ditawarkan oleh warung SSL adalah sebesar 300 dollar dengan paket Symantec Secure Site SSL Certificate.

Selain 5 penyedia SSL certificate terbaik dunia diatas, warung SSL juga menjadi partner resmi dari certum, digicert dan thawte yang reputasinya dalam keamanan website sudah tidak diragukan lagi.

HTTP versus HTTPS

Siapa sih yang tidak ingin mempunyai blog SEO dan disayang oleh google atau mesin pencari lainnya? tentu saja semua blogger menginginkan blog yang dikelolanya selalu tampil baik di SERPs.

Anda menginginkan hal tersebut? Mari kita belajar SEO tahap demi tahap agar usaha kita maksimal dan mendapatkan berkah.

Catatan
Ingin mempelajari SEO dari awal? Baca Panduan Lengkap Belajar SEO

Secara umum ada tiga logo yang menggambarkan kondisi situs yang Anda akses. Jika terdapat logo tidak aman artinya website yang Anda kunjungi tidak aman. Sementara jika anda menemukan website dengan logo Aman itu berarti website tersebut aman untuk dikunjungi.

Logo ketiga yaitu Tidak aman atau berbahaya mengindikasikan bahwa website tersebut tidak aman dan google menyarankan untuk berhati-hati terhadap situs web dengan tanda Tidak aman | https://namadomain

Penjelasan singkat tentang logo atau tanda dari http dan https diatas mungkin cukup membantu Anda.

Masuk pada sesi pertama.

Materi pertama yang ingin saya sampaikan adalah tentang SSL untuk SEO blog dan pentingnya SSL Certificate untuk blog. Perhatikan gambar dibawah!

perbedaan http https warung ssl
Blog tersebut saya sejak bulan september 2018 dan pembelian nama domainnya sekitar bulan mei 2018 dan selama 4 bulan saya hanya menulis beberapa artikel saja namun kemudian saya hapus.

Anda bisa lihat pagaviews dan sumber traffic yang masuk yaitu kebanyakan dari mesin pencari dan menurut Anda apakah blog tersebut sudah SEO?

Jika anda mengatakan blog tersebut belum SEO, ayo sama-sama kita belajar dan memaknai SEO secara mendalam.

Mari kita pelajari apa itu http dan https dan apa efeknya untuk SEO.
Kembali Ke Daftar Isi

Berkenalan dengan http

Sebelum saya mengajak Anda memahami perbedaan http https sangat penting untuk SEO blog atau website mari kita bahas satu per satu.

Kita awali dengan berkenalan dengan http...
ssl certificate terbaik
http yang ditandai dengan logo tidak aman atau Tidak aman | https://namadomain,com oleh google harus Anda perbaiki agar berubah menjadi seperti ini Aman | https://domainkamu

Untuk itu, Warung SSL hadir dengan menyediakan SSL Certificate terbaik di indonesia .
Kembali Ke Daftar Isi

Sejarah perkembangan http

HTTP memiliki sejarah yang cukup panjang dimana pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990 oleh konsorsium World Wide Web (World Wide Web Consortium/W3C) dan juga Internet Engineering Task Force (IETF).

Versi pertama dari HTTP adalah versi 0.9. Versi 0.9 ini adalah protokol transfer dokumen secara mentah, maksudnya adalah data dokumen dikirim sesuai dengan isi dari dokumen tersebut tanpa memandang tipe dari dokumen.

Kemudian pada tahun 1996 protokol HTTP diperbaiki menjadi HTTP versi 1.0. Perubahan ini untuk mengakomodasi tipe-tipe dokumen yang hendak dikirim beserta encoding yang dipergunakan dalam pengiriman data dokumen.

Sesuai dengan perkembangan infrastruktur internet maka pada tahun 1999 dikeluarkan HTTP versi 1.1 untuk mengakomodasi proxy, cache dan koneksi yang persisten.
Kembali Ke Daftar Isi

Memahami pengertian http

Apa itu http?
Pernahkah Anda memperhatikan browser? Pada pojok kiri atas di dalam address bar atau kotak telusur terdapat tanda gembok atau huruf i yang dilingkari.

Tanda tersebut merupakan protokol http atau juga bisa https jika tanda yang ada pada browser Anda berupa gembok berwarna hijau.

HTTP merupakan kepanjangan dari HyperText Transfer Protokol adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hypermedia.


http merupakan sebuah komunikasi permintaan dan jawaban. Permintaan datang dari klien seperti web browser, robots atau spider crawler mesin pencari.

Permintaan diawali dengan membuat hubungan ke port ke server webhosting. Port standar untuk permintaan ini biasanya port 80. Klien yang mengirimkan permintaan HTTP juga dikenal dengan user agent.

Server yang meresponnya, yang menyimpan sumber daya seperti berkas HTML dan gambar, dikenal juga sebagai origin server. Di antara user agent dan juga origin server, bisa saja ada penghubung, seperti halnya proxy, gateway, dan juga tunnel.

Sumber daya yang hendak diakses dengan menggunakan HTTP diidentifikasi dengan menggunakan Uniform Resource Identifier (URI), atau lebih khusus melalui Uniform Resource Locator (URL), menggunakan skema URI http://

Lihat info grafik http dibawah!
info grafik http
Grafik diatas menjelaskan bagaimana protokol http bekerja. User mengakses suatu alamat website berupa domain dan server mencoba menjembatani user dengan cara memberi port untuk dapat membuka alamat domain yang dituju sehingga dapat menampilkan media berupa teks, audio, video atau gambar.

Catatan
HTTP adalah jembatan yang mengirimkan data dari pengguna untuk dapat menampilkan website dari web server atau web hosting.
Kembali Ke Daftar Isi

HTTP request dan respons

Oleh karena http merupakan permintaan dan jawaban itu berarti ada komunikasi antara yang meminta dan yang memberikan jawaban.

HTTP merupakan protokol umum yang menangani komunikasi antara client dan server. Client merequest maka server merespon sesuai dengan permintaan klien.

Istilah kerennya " Lu minta apa gua kasih" atau " Loe jual Gue beli"
Kembali Ke Daftar Isi

HTTP request

Request adalah permintaan dari klien yaitu web browser seperti Firefox, Chrome ke server seperti web server. HTTP request juga berupa paket Informasi yang dikirim oleh satu komputer ke komputer lain untuk mengomunikasikan sesuatu.

Intinya, HTTP request adalah paket data biner yang dikirim oleh Klien ke server.

HTTP request terdiri dari 3 bagian yaitu baris permintaan, header dan body. Berikut adalah contoh kode HTTP request

Request Line: GET /utilities/weatherfull/city/hyderabad HTTP/1.1 -- LINE REQUEST--
Request Method: GET
Request Time: 2018-12-09 17:50:38
Accept-Encoding: gzip, deflate
Host address: restapi.demoqa.com
Client IP:
Client Port: 56687
HTTP Protocol Version: HTTP/1.1
Connection:
User-Agent: Mozilla/5.0 (Windows NT 10.0; Win64; x64) AppleWebKit/537.36 (KHTML, like Gecko) Chrome/70.0.3538.110 Safari/537.36
Accept-Language: id-ID,id;q=0.9,en-US;q=0.8,en;q=0.7
Request body:
Cookie: PHPSESSID=vj2r4q43ibr2t5u5djq1q73vt0
Pragma: no-cache
Cache-Control: no-cache -- BODY --

Barisan kode diatas dapat kita jelaskan tentang struktur dan metode http request yaitu:
  1. Get adalah metode untuk menandakan jenis request yang digunakan.
  2. Path, merupakan bagian dari URL yang diambil setelah nama domain
  3. Host, berisi host dan port yang digunakan pada original URL
  4. Accept, berisi informasi MIME atau tipe yang akan dikenali oleh browser
  5. Accept-Encoding berisi informasi encoding yang dikenali oleh browser
  6. Connection, memberitahu ke server apakah client dapat menghandle HTTP connections
  7. Cookie mengirimkan kembali cookie ke server

HTTP respon

Pernah kah anda menggunakan fasilitas fetch as google di GWT ( google webmaster tools)? Jika pernah coba klik URL yang ada minta untuk di crawler maka akan tampil sebagaimana gambar dibawah.
http respons

Tampak pada gambar terdapat respons http yang diminta. Berikut dibawah adalah kode tersebut.

HTTP/1.1 200 OK
X-Robots-Tag: all,noodp
Content-Type: text/html; charset=UTF-8
Expires: Sun, 09 Dec 2018 07:35:13 GMT
Date: Sun, 09 Dec 2018 07:35:13 GMT
Cache-Control: private, max-age=0
Last-Modified: Sun, 09 Dec 2018 07:18:24 GMT
ETag: W/"32eb4c1f1d0d49cfb6ec894965b61e319c041aa30b5abedc353f1b52ee205dca"
Transfer-Encoding: chunked
X-Content-Type-Options: nosniff
X-XSS-Protection: 1; mode=block
Server: GSE

HTTP respons adalah paket informasi yang dikirim oleh Server ke Klien sebagai tanggapan atas permintaan sebelumnya yang telah dibuat oleh Klien . HTTP respon berisi informasi yang diminta oleh Klien.

Struktur http respons sama dengan http request yang terdiri dari 3 bagian.

Dari baris http respons diatas dapat kita jelaskan sebagai berikut:
Baris pertama HTTP/1.1 200 OK adalah bagian header yang mendeskripsikan bahwa versi http yang digunakan adalah versi 1.1. Angka 200 merupakan kode status http dan OK adalah pesan dari respon http bahwa URL yang diminta tersedia dan siap diakses.

Content-Type merupakan type dari content yaitu berupa text atau html. charset=UTF-8 adalah instruksi kepada web browser untuk menerjemahkan karakter-karakter di dalam halaman HTML sebagai UTF-8.
Kembali Ke Daftar Isi

Kode status http

Dari penjelasan diatas anda menemukan angka 200 yang merupakan kode status http.

Apa arti kode status http?

Terdapat 5 kode status dengan arti yang berbeda-beda yaitu:
  1. 1xx Informasi
  2. 2xx Sukses
  3. 3xx Pengalihan
  4. 4xx Kesalahan Klien
  5. 5xx Kesalahan Server

Tabel dibawah menjelaskan deskripsi dari masing-masing kode status http.

1xx Informasi

Berupa informasi bahwa permintaan Anda sedang di proses. Kode ini menandakan bahwa protokol http berusaha menjawab permintaan Anda.
Kode StatusDeskripsi
100 Melanjutkan Tahap awal yang menyatakan bahwa protokol siap melaksanakan tugas.
101 Memilih Protokol Mencoba mencari protokol sesuai dengan request dari klien
102 Memproses Santai saja, http sudah menemukan apa yang anda butuhkan dan siap memprosesnya untuk Anda

2xx Sukses

Kode ini sebagai indikator bahwa permintaan Anda telah diterima dan berhasil
Kode Status Deskripsi
200 OK Selamat, permintaan Anda terpenuhi. Server telah menemukan halaman yang anda cari dan tersedia untuk Anda.
201 Request Berhasil dibuat Permintaan anda telah berhasil dan server akan membuat sumber baru untuk Anda.
202 Request berhasil diterima Permintaan anda diterima, tapi maaf belum dapat kami proses.
203 Non-Authoritative Information (since HTTP/1.1) Sayangnya kami telah menemukan halaman yang anda minta akan tetapi bukan dari sumber yang Anda inginkan.
204 Tanpa Konten Permintaan anda telah kami terima dan berhasil kami temukan, tetapi halaman tersebut tanpa isi alias zonk.
205 Reset Content Kami telah berhasil menemukan konten yang anda minta, akan tetapi konten tersebut kosong, silahkan ubah kembali permintaan anda.
206 Partial Content Kami telah berhasil menemukan permintaan anda untuk sebagian konten.

3xx Redirect/Pengalihan

Kelas kode 3xx disebut dengan redirect atau pengalihan URL. Dalam hal ini terjadi apabila ada beberapa URL yang tidak bisa diakses.

Untuk mendukung SEO, Google sendiri telah mendukung kelas http 3xx ini di dalam webmaster tool dan blogger yang bisa Anda gunakan secara cuma-cuma.
Kode Status Deskripsi
300 Multiple Choices Banyak pilihan, user agent harus harus memilih salah satunya. Protokol ini tidak mempunyai ketetapan baku untuk memilih
301 Dipindah Permanen URL/URI yang diminta telah pindah lokasi. Segera beritahu spider bot mesin pencari bahwa URL Anda telah pindah rumah.
302 Ditemukan Ditemukan tetapi telah diubaha sementara. Don't do anything for this code
303 Lihat Lainnya Permintaan anda dipindahkan dari lokasi awal
304 Not Modified Anda belum melakukan perubahan apapun terhadap laman ini.
305 Use Proxy (since HTTP/1.1) Anda hanya bisa mengakses halaman ini sesuai dengan proxy yang diminta server
306 Switch Proxy Ganti proxy Anda dengan yang diminta server
307 Temporary Redirect (since HTTP/1.1) Prinsipnya sama dengan kelas kode 302

4xx Kesalahan Klien

Ada yang salah dengan klien sehingga server tidak dapat memproses dan memenuhi permintaan Anda.
Kode Status Deskripsi
400 Permintaan Tak Layak Dikenal juga dengan Bad Request. Server berkata kepada Anda "Maaf, kami tidak memahami permintaan Anda"
401 Unauthorized Membutuhkan otorisasi. Laman yang anda akses membutuhkan otorisasi dan hal ini terjadi karena anda telah keluar dari laman dan server meminta anda untuk login kembali
402 Payment Required Sepertinya Anda membutuhkan uang untuk mengaksesnya. Maaf, kami bukan crazy rich asian
403 Terlarang Forbiden (bukan judul film), kode ini sebagai indikasi bahwa terjadi kesalahan dalam settingan blog Anda atau Anda belum menginstall website Anda di hosting.
404 Tidak Ditemukan Masalah umum yang sering ditemukan oleh para blogger. Eitsss,,, tenang aja guys, masalah ini bisa diatasi dengan menambahkan scrypt redirect dengan menggunakan kode status 3xx
405 Method Not Allowed Galat 405 HTTP umumnya ditemukan pada konfigurasi clien yang salah. Metode yang ditentukan dalam baris permintaan tidak diizinkan untuk sumber daya yang diidentifikasi oleh permintaan
406 Not Acceptable HTTP tidak bisa memproses permintaan karena halaman yang diminta tidak merespons sebagaimana karakteristik yang diminta
407 Proxy Authentication Required Lihat kode status 401
408 Request Timeout Kelamaan, sehingga server tidak bisa menampilkan halaman yang anda minta
409 Conflict Ada perbedaan antara permintaan awal dengan permintaan akhir
410 Tidak tersedia -
411 Length Required -
412 Precondition Failed -
413 Request Entity Too Large -
414 Request-URI Too Long Kalau bikin url jangan panjang-panjang.
415 Unsupported Media Type -
416 Requested Range Not Satisfiable -
417 Expectation Failed Maaf!! Harapan anda tidak dapat kami penuhi
419 Authentication Timeout (not in RFC 2616) -
420 Method Failure (Spring Framework) -

Dari kode status diatas beberapa kode kesalahan pernah saya alami. Bagaimana dengan Anda?

5xx Kesalahan Server

Galat http 5xx adalah murni kesalahan server dan tidak ada hubungannya dengan permintaan ( request). Kesalahan 5xx terjadi karena server tidak bisa memenuhi permintaan klien.
Kode Status Deskripsi
500 Internal Server Error Permintaan anda tidak dapat dipenuhi karena server mengalami galat
501 Not Implemented Permintaan anda tidak dapat kami kenali, itulah yang coba server katakan kepada Anda.
502 Bad Gateway Server bertindak sebagai gateway atau proxy dan menerima respon tidak valid dari upstream server.
503 Service Unavailable Server saat ini tidak tersedia (karena kelebihan beban atau dalam proses maintenance ). Umumnya, ini bersfiat sementara.
504 Gateway Timeout Tidak menerima permintaan tepat waktu dari server upstream.
505 HTTP Version Not Supported Versi protokol tidak memenuhi syarat
Kembali Ke Daftar Isi

Berkenalan dengan https

Setelah anda mengenal http sekarang kita akan membahas saudara kembarnya yakni https.

HTTPS kepanjangan dari Hypertext Transfer Protocol Secure yang mempunyai arti protokol komunikasi antara server dan klien yang dilindungi atau diamankan dengan kode-kode tertentu yang disebut dengan SSL dan TSL.

HTTPS memungkinkan bahwa data Anda akan aman karena dilindungi oleh suatu sistem yang disebut Encrypt dan Decrypt.

Dengan mengakses website yang ditandai dengan logo https menjamin bahwa data-data Anda akan aman seperti data kartu kredit, user name atau password. Sistem akan secara otomatis mengenkripsi data anda sekaligus mengembalikan data asli Anda (Decrypt).

Encrypt adalah proses merubah data menjadi rahasia dan Decrypt adalah mengembalikan data hasil encrypt menjadi data asli.

Contoh program encrypt

program Encrypt;
{$APPTYPE CONSOLE}
var c:char;
begin
  while not EOF do
  begin
    read(c);
    c:=Char(ord(c)+5);
    c:=Char((ord(c)shr 1)or(ord(c)shl 7));
    write(c);
  end;   
end.

Proses decrypt:
program Decrypt;
{$APPTYPE CONSOLE}
var c:char;
begin
  while not EOF do
  begin
    read(c);
    c:=Char((ord(c)shl 1)or(ord(c)shr 7));
    c:=Char(ord(c)-5);
    write(c);
  end;   
end.
Kembali Ke Daftar Isi

Sejarah HTTP Secure (https://)

https pertama kali ditemukan oleh Netscape Communications Corporation yaitu perusahaan asal Amerika Serikat yang bergerak dibidang internet, software dan telekomunikasi yang didirikan pada tahun 1994.

https digunakan untuk menyediakan Authenticated dan komunikasi tersandi dan penggunaan dalam komersil elektris. HTTPS menyandikan data sesi menggunakan protokol SSL (Secure Socket layer) atau protokol TLS (Transport Layer Security) dan plain text.
Kembali Ke Daftar Isi

Perbedaan http dan https

Banyak diantara kita yang tidak memahami perbedaan http dengan https dari segi fungsinya atau manfaatnya untuk blog.

Dikuti dari laman resmi searchengineland bahwa pada bulan juli 2018 google secara resmi menandai situs web yang tidak menggunakan proxy HTTP dengan tanda tidak aman atau not secure sebagai bentuk tanggung jawab google akan pentingnya sistem keamanan sebuah situs web.

Dedikasi google terhadap sistem keamanan patut diberikan apreasiasi pasalnya sejak desember 2017 google mendukung dan menggratiskan https untuk custom domain yang pada awalnya hanya untuk subdomain blogspot saja.

Akan tetapi, walau pun sudah mendukung SSL atau https yang namanya gratisan tetap saja mempunyai banyak kekurangan dibandingkan dengan yang berbayar.
Kembali Ke Daftar Isi

Tabel perbedaan http dan https

Supaya memudahkan Anda dalam memahami http https maka ShoutedMe.com menyediakan tabel perbandingan http dan https.
HTTPHTTPS
Tidak menjamin keamanan data yang ditransmisikan antara client dengan server Menjamin keamanan data yang dikirimkan
Menggunakan port 80 Menggunakan port 443.
Tidak Membutuhkan SSL/TSL Membutuhkan SSL/TSL
Kurang bagus untuk SEO Bagus untuk SEO
Gratis Ada yang gratis dan ada yang berbayar
Dari tabel perbandingan http dan https diatas, apakah anda sudah memahami perbedaan http dan https?
Kembali Ke Daftar Isi

Bagaimana cara kerja https?

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure) adalah protokol komunikasi internet yang melindungi integritas dan kerahasiaan data pengguna antara komputer pengguna dan situs.

Prinsip kerja https didasarkan pada salah satu dari 2 jenis enkripsi protokol yaitu SSL dan TLS. SSL merupakan singkatan dari Secure Sockets Layer. Sementara TSL merupakan kepanjangan dari Transport Layer Security.

Baik TLS dan SSL menggunakan Infrastruktur Kunci Publik Asymmetric di mana kunci 'publik' dan kunci 'pribadi' digunakan untuk mengenkripsi data.
Kembali Ke Daftar Isi

Apa itu SSL Certificate?

SSL merupakan metode keamanan yang memungkinkan untuk enkripsi data ketika ditransfer melalui server. SSL Certificate membantu melindungi transfer informasi sensitif seperti nomor kartu kredit, kata sandi dan nama pengguna atau data-data pribadi pengguna yang rawan disalahgunakan untuk tujuan yang tidak baik.

Bagaimana cara kerja SSL?

Dengam memanfaatkan 2 kunci yang disebut dengan public key dan privat key SSL Certificate bekerja. Kedua kunci tersebut secara bersama-sama bekerja untuk mengenkripsi sambungan antara klien dan server.

Sederhananya antara pengguna dengan halaman yang diakses.

Apa keuntungan menggunakan SSL?

Sekilas telah saya bahas tentang manfaat dari penggunaan protokol https yang didukung oleh SSL yakni sangat bagus untuk SEO . Ketika anda memutuskan untuk beli ssl maka sangat disarankan untuk membelinya dari penyedia SSL Certificate terbaik di Indonesia.

Masih membahas keuntungan menggunakan SSL, apa sih keuntungan menggunakan SSL?
  1. Mendapatkan otoritas yang baik dari mesin pencari dan pengguna
  2. Blog anda lebih keren
  3. Mendapatkan trust dari pengguna
  4. Bagus untuk SEO

Kembali Ke Daftar Isi

Bagaimana cara mendapatkan SSL?

Ini merupakan alasan mengapa tulisan keren berjudul "Perbedaan HTTP HTTPS: Penyedia SSL Certificate Terbaik di Indonesia" ini ditulis.

Artikel ini didedikasikan untuk orang-orang yang:
  • Ingin membeli SSL murah
  • Mencari informasi SSL Certificate terbaik
  • Mencari informasi penyedia SSL Certificate terbaik di Indonesia
  • Mencari informasi harga SSL murah
Jika anda termasuk orang dengan type diatas, Anda sedang berada di tempatnya.

Pertama, untuk mendapatkan SSL tentu saja Anda harus punya blog dan kemudian membeli ssl dari #WarungSSL. Untuk pembelian SSL murah di Warung SSL akan dijelaskan nanti karena sekarang kita akan membahas jenis-jenis ssl yang wajib anda tahu.

Jenis-jenis SSL Certificate

Dengan memahami dan mengetahui jenis-jenis ssl certificate maka akan membantu Anda untuk menentukan mana SSL yang cocok untuk blog Anda.

Secara umum ada 3 jenis SSL certificate yaitu Domain Validation (DV) SSL Certificate, Organization Validation (OV) SSL Certificate dan Extended Validation (EV) SSL Certificate.

..simak penjelasan ketiga jenis sertifikat SSL tersebut dibawah ini!

Domain Validation (DV) SSL Certificate

Biasa disebut "Low Assurance Certificate" merupakan jenis SSL certificate yang paling rendah kualitasnya. Sertifikat SSL jenis ini hanya divalidasi oleh email saja.

Validasi otomatis memastikan bahwa nama domain terdaftar dan bahwa administrator menyetujui permintaan tersebut. Agar validasi berhasil, seorang pemilik blog harus mengonfirmasi melalui email atau mengonfigurasi catatan DNS untuk situs tersebut.

Organization Validation (OV) SSL Certificate

Jenis SSL certificate untuk validasi organisasi, atau badan usaha yang berada di belakang nama domain yang didaftarkan.

Extended Validation (EV) SSL Certificate

Jenis sertifikat SSL yang memerlukan proses validasi paling ketat. Jenis sertifikat ini memeriksa untuk memastikan bahwa bisnis adalah badan hukum dan memerlukan sejumlah dokumen persyaratan yang memuat informasi bisnis disediakan sebagai bukti kepemilikan domain.
penyedia ssl certificate terbaik indonesia
Kembali Ke Daftar Isi

Penyedia SSL Certificate Terbaik di Indonesia

Mungkin anda masih penasaran dengan penyedia SSL Certificate terbaik di indonesia mengingat begitu banyaknya perusahaan yang menawarkan SSL murah di indonesia.

Tips Catatan
Jangan percaya dengan janji SSL murah karena bisa jadi murahan. Kami sarankan Anda membaca artikel ini sampai selesai karena akan kami jelaskan penyedia SSL certificate terbaik di Indonesia.
Kembali Ke Daftar Isi

Siapa penyedia SSL Certificate terbaik Indonesia?

penyedia ssl certificate terbaik di indonesia
Langsung saja kami beritahukan kepada Anda bahwa penyedia SSL Certificate terbaik di Indonesia adalah Warung SSL . Ada banyak alasan kenapa saya mengatakan bahwa WarungSSL adalah salah satu perusahaan penyedia SSL certificate terbaik indonesia.
Kembali Ke Daftar Isi

Kenalan sama WarungSSL?

Dikutip dari laman resmi warung SSL (10/12/2018), warung SSL adalah:
Visi dan Misi kami adalah mendorong dan mendukung terciptanya penggunaan internet yang aman serta terpercaya baik untuk pengguna maupun bagi pengelola website. Hal ini tentunya akan memberi keuntungan bagi kedua belah pihak sehingga industri maupun aktivitas pada Internet dapat berkembang di Indonesia.

WarungSSL Indonesia adalah penyedia Sertifikat keamanan SSL Certificate dan pembaharuan Sertifikat SSL di Indonesia, WarungSSL Indonesia adalah Global Platinum Partners dari Otoritas Sertifikasi (CA) terkemuka di dunia termasuk, Symantec, GeoTrust, Thawte, RapidSSL, Comodo. Sumber :Warung SSL

WarungSSL dibawah naungan PT Manggala Cipta Indonesia adalah penyedia sertifikat SSL terbaik indonesia yang wajib anda pilih untuk keamanan website Anda.

Bagi anda yang ingin membangun website toko online maka memilih SSL Certificate yang tepat merupakan suatu keharusan karena akan menentukan "trust" konsumen kepada Anda.

Alasan memilih WarungSSL

Ada banyak sekali alasan mengapa Anda harus memilih WarungSSL sebagai partner bisnis Anda dan membeli SSL murah disana tapi tidak murahan, yaitu:
Mengapa WarungSSL
SUPPORTKETERANGAN
Dukungan Kapan Saja! Keluhan anda akan ditangani selama 24 jam penuh dalam seminggu (24/7)
Ragam pilihan produk SSL Banyak produk SSL Certificate yang bisa Anda pilih yang sesuai dengan budget dan kebutuhan website Anda.
Harga Yang Tidak Tertandingi Harga super duper murah sehingga akan menghemat keungan Anda.
Jaminan 30 Hari Garansi 30 hari
Platinum Partner Banyak partner terpercaya dari WarungSSL seperti Comodo

Bagaimana cara menghubungi WarungSSL?

Anda dapat menghubungi warungSSL melalui kontak dibawah ini!
  1. Alamat WarungSSL Indonesia (PT. Manggala Cipta Indonesia) Epicentrum Walk South 5th Fl. 529 A Jalan HR. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, 12940, Indonesia
  2. Phone. (021) 2943 1228 Fax. (021) 2943 1229
  3. Layanan Support. : (021) 2904 1500
  4. Email Support: cs@WarungSSL.com
  5. Facebook https://www.facebook.com/warungssl
  6. Twitter https://www.twitter.com/warungssl
  7. Google+ https://plus.google.com/+warungssl

Kembali Ke Daftar Isi

Penutup

HTTP dan HTTPS yang merupakan protokol komunikasi harus dipahami secara baik oleh para pengguna internet karena dengan memahami perbedaan http https maka Anda akan mengetahui tingkat keamanan data Anda.

Banyak sekali kasus pencurian kartu kredit atau data nasabah dan bahkan beberapa bulan yang lalu kita dihebohkan dengan aksi skimming yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Protokol https harus disertai dengan SSL Certificate, untuk itu membeli sertifikat SSL harus hati-hati karena banyak perusahaan yang menjual SSL murah dengan harga yang mahal.

WarungSSL hadir untuk menjawab permasalahan para pemilik website yang ingin mengamankan data mereka dan mendapatkan kepercayaan dari konsumen atau pun dari mesin pencari karena SSL certificate atau https sangat baik untuk SEO website.

Demikian penjelasan singkat kami tentang perbedaan http https dan menyampaian penyedia jasa SSL certificate terbaik di Indonesia
Kembali Ke Daftar Isi

Referensi:
  • SearchEngineLand
  • Youtube
  • PT Manggala Cipta Cipta Indonesia

1 komentar:

  1. Ini penjelasan yang luar biasa dan WarungSSL memang rekomendasi untuk para pemilik website atau blog untuk meenyewa SSL Certificate terbaik di indonesia

    BalasHapus